Berita MobilTips & TrickTips Otomotif

Kelebihan Dan Kekurangan Mobil Penggerak Roda Depan (FWD)

Blog Mobil: Ada banyak jenis penggerak roda pada mobil. Diantaranya adalah penggerak roda depan (front wheel drive / FWD), penggerak roda belakang (rear wheel drive) dan all wheel drive. Namun jenis penggerak roda depan cenderung lebih banyak diaplikasikan pada mobil karena beberapa kelebihannya.

Alasan yang paling sederhana adalah mobil dengan penggerak roda depan cenderung lebih murah untuk diproduksi. Hal ini dikarenakan sistem penggerak roda depan memiliki komponen mekanis yang lebih sedikit. Dan bagi produsen mobil, pemasangan sistem mekanis pada mobil penggerak roda depan ini lebih mudah untuk dilakukan.

Kelebihan dan kekurangan mobil Front Wheel Drive

Kelebihan lain dari mobil dengan penggerak roda depan adalah konsumsi bahan bakar yang juga lebih irit. Hal ini dikarenakan ketiadaan poros gardan yang menyalurkan tenaga mesin ke roda belakang. Selain itu, ketiadaan poros gardan ini juga mengurangi bobot mobil. Sehingga mobil menjadi lebih ringan.

Letak mesin yang berada di bagian depan, di atas roda, juga membuat traksi menjadi lebih baik. Ban mobil lebih mantap untuk menapak serta menarik roda belakang. Khususnya saat hujan atau kondisi jalanan licin, ban depan mobil akan lebih mudah menarik roda belakang karena dibantu bobot mesin kendaraan.

Kelebihan-kelebihan di atas yang kemudian membuat mobil dengan penggerak roda depan (FWD) banyak ditemukan pada jenis mobil yang banyak diminati pasar. Contohnya adalah city car dan low-MPV untuk mobil keluarga.

Baca juga: City Car Terbaik Di Bawah 200 Jutaan

Namun demikian, tentu mobil dengan mekanisme penggerak roda depan punya kekurangan juga. Jika mobil dalam kondisi penuh penumpang, khususnya untuk kelas mobil low-MPV, maka mobil akan cenderung susah untuk dikendalikan. Khususnya saat di kecepatan tinggi, mobil akan terasa bergerak ke kiri dan kanan. Ini dikarenakan beban mobil terbagi secara merata di ban depan dan belakang mobil, sehingga traksi pada ban depan menjadi berkurang. Bahkan pada salah satu jenis mobil low-MPV, ban depan sering mengalami selip saat mobil diisi penuh penumpang dan melewati jalan menanjak.

Baca Juga: Mobil All New Nissan March Terbaru

Masalah lain yang kerap dikeluhkan pada mobil dengan jenis FWD ini adalah rawan kerusakan pada sistem mekanisme penggerak roda. Ini dikarenakan sistem kemudi dan tenaga pendorong berada pada posisi yang sama, di roda depan. Sehingga saat terjadi benturan di jalanan yang rusak, maka sistem penggerak dan kemudi akan merasakan impact secara langsung.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan mobil dengan penggerak roda depan. Hal ini tentu dapat menjadi pertimbangan saat anda akan membeli mobil baru. Sesuaikan dengan rute dan kondisi jalanan yang akan sering anda lalui. Jika rute perkotaan dengan jalanan yang cenderung baik, maka mobil FWD seperti city car jelas pilihan tepat!

Related Articles

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker