Tips & TrickTips Otomotif

Kampas Rem Mobil Matic Cepat Habis, Ini Sebab dan Tandanya!

Tips Merawat Mobil Matic: Pada mobil dengan transmisi otomatis atau matic, sistem pengereman yang dimiliki sedikit berbeda dengan mobil bertransmisi manual. Untuk mengurangi kecepatan atau menghentikan laju mobil, mobil matic lebih mengandalkan rem daripada menggunakan deselerasi mesin atau engine brake. Dengan kondisi ini, maka dapat dimaklumi jika kemudian kampas rem pada mobil matic memiliki masa pakai yang cenderung lebih pendek dibandingkan pada mobil manual.

Baca Juga: Gejala Transmisi Matic Rusak

Jika melihat pada rekomendasi pabrikan mobil, rata-rata usia pemakaian dari kampas rem pada mobil matic mereka berada di rentang jarak tempuh 35 ribu hingga 40 ribu kilometer. Separuh dari usia pakai kampas rem pada mobil manual yang umumnya mencapai pemakaian 60 ribu hingga 70 ribu kilometer. Meski harus diakui, usia pakai kampas rem juga sangat dipengaruhi oleh gaya mengemudi pemilik kendaraan.


Penyebab Kampas rem mobil Cepat Habis

Tanda Kampas Rem Mobil Matic Habis

Untuk mengetahui apakah kampas rem mobil matic sudah menipis, atau bahkan sudah habis dapat dilihat dari berbagai kondisi. Yang pertama adalah dengan melihat minyak rem pada tabung pengisian. Jika tidak terjadi kebocoran pada minyak rem, kondisi minyak yang menurun dengan cepat adalah salah satu tanda utama bahwa kampas rem mobil matic anda sudah perlu diganti.

Tanda lain yang perlu diperhatikan adalah adanya getaran saat pedal rem diinjak serta munculnya suara gesekan besi dengan besi saat anda melakukan pengereman. Selain itu, jika kampas rem menipis atau habis, pedal rem juga akan terasa pengeremanya jika pedal rem diinjak lebih dalam.

Tanda kampas rem mobil matic habis juga dapat dilihat dari sisa kotoran kampas rem yang keluar dan menempel pada pelek mobil. Untuk mobil matic dengan skema penggera roda depan, sisa kotoran dari kampas rem yang mulai habis akan terlihat menempel pada pelek mobil bagian depan. Begitu juga sebaliknya untuk mobil matic dengan penggerak roda belakang.

Baca juga: Cara Melakukan Engine Brake

Jika anda sudah merasakan kondisi tersebut pada rem mobil matic anda, sangat dianjurkan untuk segera melakukan penggantian kampas rem. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari kerusakan yang merembet pada komponen piringan cakram. Jika kampas rem tipis, atau bahkan habis, akan membuat cakram mobil menjadi tergores dan mengurangi efektifitas sistem pengereman mobil. Dampaknya, ketika kita sudah mengganti kampas rem mobil dengan yang baru, usia pakai juga akan semakin pendek karena gesekan cakram yang sudah tak lagi rata.

Related Articles

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker