Berita Mobil

Harga Toyota Agya Akan Naik Pada 2015?

Harga mobil Toyota Agya sempat mengalami kenaikan beberapa waktu lalu. Besaran kenaikan memang cukup berbeda tergantung daerah pemasaran, namun kisarannya kalau tidak salah sekitar 3%. Sehingga harga Toyota Agya per Oktober 2014 on the road jakarta dibanderol paling murah menjadi 103jutaan. Namun gosipnya, kenaikan mobil yang tinggi peminat ini kabarnya belum selesai. Di tahun 2015 nanti, kabarnya Toyota akan kembali menaikkan harga jual mobil Toyota Agya ini.

Menurut beberapa sumber, mobil yang masuk ketegori Low Cost Green Car (LCGC) ini memang akan mengalami perubahan harga kembali. Hal ini dikarenakan beberapa waktu yang lalu pemerintah sudah memberikan izin kepada semua mobil di kelas LCGC untuk menaikkan harga jualnya. Pihak Toyota sendiri menyebutkan bahwa mereka mengantungi izin untuk menaikkan harga jual Toyota Agya sampai diatas 6%. Meski begitu, belum dapat dipastikan berapa besaran kenaikan yang akan dikenakan pada mobil ini serta kapan akan mulai dinaikkan.

harga mobil toyota agya naik
ilustrasi : autoglobemagz.com

Kenaikan dari harga jual mobil Toyota Agya ini menurut pihak Toyota merupakan hal yang wajar. Ini dikarenakan adanya kenaikan ongkos produksi mulai dari harga bahan baku, hingga biaya tenaga kerja dan biaya produksi lainnya. Selain itu, kenaikan harga juga disebabkan oleh inflasi yang terjadi setiap tahun. Sehingga, biaya atau cost yang muncul untuk total produksi menjadi lebih tinggi. Dan seperti teori pasar lainnya, kenaikan ongkos produksi (ditambah permintaan pasar tinggi) pasti akan memberikan imbas ke harga jual produk tersebut.

Sebagai mobil yang masuk kategori mobil murah, saya jadi ingat dengan keluarga mobil yang termasuk murah saat pertama kali muncul, yaitu Avanza dan Xenia. Saat pertama kali dilepas ke pasaran, harga jual kedua mobil tersebut memang di bawah 100 jutaan. Namun sekarang, karena tinggi peminat dan juga pengaruh inflasi, harga mobil tersebut menurut saya terbilang cukup tinggi di kelasnya. Saya jadi penasaran, apakah nantinya keluarga Toyota Agya ini akan mengalami hal yang serupa. Meski memang semua harga naik karena inflasi, apakah kenaikan harga mobil ini masih bisa masuk kategori mobil murah LCGC?

Related Articles

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker