Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Mengemudi Mobil di Musim Hujan

Mengendarai mobil saat hujan dan kondisi jalanan yang basah tentu berbeda dengan saat mengemudi mobil di jalanan yang kering. Jarak pandang yang terbatas serta jalanan yang licin membuat anda harus meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian.

Selain hal tersebut di atas, berikut ini beberapa hal penting yang harus diperhatikan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan saat mengemudi mobil di waktu hujan.

Tips Berkendara Saat Hujan Mengemudi Mobil

#1 Cek Kondisi Ban
Setiap ban didesain dengan pola dan ulir yang berbeda-beda. Fungsi dari pola dan ulir ini adalah untuk memastikan agar ban bisa berjalan dengan baik saat melewati jalan yang basah atau juga berlumpur. Semakin sering digunakan, maka ketebalan pola dan ulir ban akan semakin berkurang. Akibatnya, ban akan semakin kehilangan grip dan semakin terasa licin khususnya saat melewati jalan yang basah. Jadi saat memasuki musim penghujan, akan lebih baik untuk memastikan ulir dan pola pada ban mobil anda masih dalam kondisi baik.

#2 Karet dan Fungsi Wiper
Wiper pada windshield (kaca depan mobil) memiliki fungsi untuk menyapu kotoran yang menempel serta air hujan yang menerpa. Beberapa mobil juga memiliki wiper pada kaca belakang. Jika sudah usang, karet wiper mobil juga dapat getas dan tidak berfungsi dengan baik. Bahkan bukan tidak mungkin karet wiper yang getas akan membuat debu tidak tersapu dengan baik dan justru membuat kaca mobil menjadi tergores / lecet.
Selain memperhatikan kondisi karet wiper, lebih baik juga untuk memperhatikan pergerakan dan dinamo wiper. Khususnya untuk mobil yang sudah cukup berumur. Jangan sampai dinamo atau fungsi wiper tidak bisa digunakan ketika hujan turun saat anda tengah mengemudi.

#3 Lampu Depan dan Fog Lamp
Untuk membantu menambah jarak pandang, serta membantu pengendara lain melihat posisi mobil yang anda kendarai, menyalakan lampu depan tentu sangat membantu. Jika hujan terlalu deras dan lampu depan tidak terlalu membantu, biasanya fog lamp akan lebih bermanfaat. Pastikan kedua lampu ini berfungsi dengan baik agar anda tidak kesulitan saat mengemudi menembus hujan.

#4Hindari Penggunaan Cruise Control
Fitur cruise control dapat membantu menjaga kecepatan mobil stabil sesuai keinginan pengemudi. Sejatinya, fitur ini akan membantu pengemudi. Namun saat hujan, fitur ini justru dapat membahayakan karena rentan menyebabkan hydroplanning. Saat fitur cruise control diaktifkan, komputer mobil tidak bisa membaca kondisi saat jalanan terlalu basah dan terdapat genangan sehingga bisa lepas kontrol. Karenanya, lebih baik kendarai mobil dengan kendali kecepatan manual saat kondisi hujan atau jalanan basah.