Mobil RetroTips & TrickTips Otomotif

Great Corolla, Mobil Sedan Favorit Era ’90-an

Mobil bekas mungkin memang solusi untuk orang yang ingin memiliki kendaraan roda empat atau mobil, namun memiliki kendala budget yang terbatas. Selain alasan tersebut, ada pula yang memilih mobil lawas karena tertarik dengan modelnya. Salah satu mobil bekas dengan kategori lawas namun masih laris di pasaran adalah Great Corolla.

Harga Mobil Sedan great Corolla

Toyota Great Corolla, atau juga populer dengan nama Greco adalah generasi ke lima dari keluarga sedan Toyota Corolla. Great Corolla hadir kisaran tahun 1992 sebagai penerus kesuksesan Toyota Corolla Twin-cam yang sudah menuai kesuksesan sejak era akhir 80-an hingga awal 90-an. Mobil Toyota Great Corolla saat itu dilepas ke pasaran dengan 2 pilihan mesin, mesin 1300cc 2E yang diusung Great Corolla varian 1.3 SE dan mesin 1600cc 4A-FE untuk Grat Corolla varian 1.6 SE-G. Dan di jaman Great Corolla ini pula, terdapat pilihan sedan Corolla dengan transmisi otomatis.

Mesin yang digunakan pada Great Corolla Varian 1.3 SE sejatinya adalah mesin yang sama dengan yang digunakan pada Toyota Starlet kapsul dan Toyota Corolla Twincam 1.3. Mesin 1300cc yang diusung berjenis SOHC 12 valve yang mampu menyemburkan tenaga bertenaga 70 hp. Sedangkan Greco varian 1.6 SE-G adalah varian yang paling diminati oleh konsumen. Mesin dengan kapasitas 1600cc DOHC 16 valve ini sudah mengusung teknologi injeksi yang mampu menyemburkan tenaga 115 hp.

Great Corolla sendiri pernah mengalami facelift minor pada zamannya. Dirilis pada kisaran tahun 1992, sedan Greco mengalami facelift pada kisaran tahun 1994-1995. Perubahan itu antara lain terdapat pada grill depan, list lampu belakang yang tidak lagi menyambung serta penggunaan mika sein yang berwarna putih.

Kelebihan dan Kekurangan Sedan Great Corolla

Ada beberapa kelebihan yang membuat Greco tetap diminati banyak orang. Diantaranya adalah :

  • Tenaga yang keluar pada putaran bawah terbilang cukup responsif, sehingga sangat membantu untuk kondisi jalan yang stop and go seperti kota besar.
  • Untuk sebuah mobil dengan mesin cam ganda & belum menerapkan VVT, konsumsi BBM sedan Great Corolla ini terbilang cukup irit. Normalnya konsumsi BBM Greco adalah 9-12 km/liter.
  • Suku cadang mobil ini masih banyak dijual bebas, baik original maupun KW. Bahkan pemain onderdil ex-singapura masih banyak memasukkan jenis mobil ini.
  • Bentuk Great Corolla dianggap lebih menarik dibandingkan dengan penerusnya, All New Corolla.

Meski demikian, bukan berarti mobil ini tidak memiliki kekurangan. Ada kelemahan yang perlu diperhatikan sebelum meminang mobil ini. Salah satunya adalah trouble yang sering dialami pemiliki di sektor kaki-kaki dan power steering.

Tips Membeli Sedan Great Corolla

  • Lakukan pengecekan mesin. Perhatikan apakah suara mesin halus atau ada suara aneh, kering dari oli atau ada oli yang merembes, apakah knalpot mengeluarkan asap atau tidak. Jika ternyata mesin sudah mengeluarkan asap putih dari knalpot, ada baiknya pertimbangkan lagi untuk meminang mobil tersebut. Kecuali jika anda ingin merestorasi mesin (turun mesin).
  • Lakukan pemeriksaan pada kaki-kaki dan suspens. Mobil Greco sangat difavoritkan untuk dimodifikasi pada sektor yang satu ini. Biasanya pemilik akan menggunakan velg aftermarket, atau suspensi yang dibuat ceper.
  • Bagian power steering juga termasuk bagian yang rentan. Jika terlihat sudah cukup mengganggu, bisa diperhitungkan anda akan segera mengeluarkan dana lebih untuk memperbaikinya. Karena jika tidak diperbaiki secara total, kerusakan power steering mudah untuk kambuh.
  • Cek aksesoris-aksesoris lain yang menurut anda penting. Contohnya adalah elektrik mirror untuk versi sebelum facelift yang cenderung aus, atau lampu depan yang sering cepat buram.

Harga Mobil Great Corolla

Dalam lima tahun belakangan ini (2010 – 2015) harga mobil Great Corolla Cenderung sangat stabil. Biasanya mobil ini akan dijual dengan harga kisaran 55 hingga 75 jutaan. Semua tergantung dengan tipe dan kondisi mobil tersebut.

Related Articles

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker