Tips & TrickTips Otomotif

Gejala Masalah Mesin Mobil Yang Jangan Dianggap Sepele

Kerusakan atau gangguan pada mesin mobil memang sesuatu yang sangat mungkin untuk terjadi. Terlebih jika kita kurang merawat dan memperhatikan kondisi mesin mobil yang kita miliki. Kurangnya perawatan atau kelalaian tersebut sangat berpotensi membuat mesin mulai menunjukkan gejala-gejala kerusakan. Agar kerusakan dan masalah pada mesin tidak semakin parah, ada baiknya untuk mengenali beberapa gejala atau tanda kalau mesin mobil anda memiliki masalah. Berikut ini beberapa diantaranya yang patut diwaspadai.

Masalah Getaran dan Suara pada Mesin Mobil

Mesin Bergetar Lebih Dari Biasanya
Mesin mobil bergetar tentu sudah bisa dibilang sesuatu yang normal, mengingat komponen dalam mesin terus bergerak selama mesin dinyalakan. Namun apabila getaran mesin mulai terasa berlebihan, mungkin anda patut mewaspadai ada masalah atau gejala kerusakan pada mesin mobil anda. Biasanya, hal ini dapat dilihat dari spion mobil yang terus bergetar hingga mengganggu pandangan. Dari getaran-getaran tersebut, anda dapat melanjutkan pemeriksaan ke beberapa bagian komponen mesin.

Suara Mesin Kasar atau Bising
Suara mesin yang kasar juga menjadi indikasi adanya masalah atau kerusakan pada mesin mobil anda. Hal ini bisa disebabkan karena adanya komponen yang rusak, atau bisa juga adanya bagian mobil yang tidak terikat dengan baik oleh baut yang digunakan. Jika datangnya suara dari bawah kap mesin, maka bisa jadi alasannya adalah ada komponen yang kurang baik atau kurang presisi.

Kondisi Engine Mounting
Engine mounting atau karet untuk dudukan mesin merupakan komponen yang menjaga mesin agar stabil. Jika dalam kondisi kurang baik atau adanya kerusakan, maka mesin juga akan mengalami gangguan dan rentan untuk rusak. Contohnya jika engine mounting yang terletak dekat dengan transmisi rusak, maka hal tersebut akan mengganggu kinerja transmisi hingga kemudian merusaknya. Segera memperbaiki engine mounting sebelum merusak komponen yang lebih mahal lagi.

Cek Komponen mesin
Getaran dan kebisingan mesin juga bisa disebabkan karena adanya komponen dalam mesin yang sudah kurang baik kondisinya. Hal ini bisa disebabkan karena adanya kerusakan, pergeseran atau memang usia komponen yang sudah cukup lama digunakan. Untuk itu diperlukan pemeriksaan oleh montir agar dapat segera diperbaiki, atau jika memang perlu harus segera diganti dengan yang baru.

Related Articles

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker