Tips & TrickTips Otomotif

Gejala AC Mobil Mulai Rusak atau Bermasalah

Air Conditoning pada mobil atau lebih akrab disebut AC mobil mungkin sudah menjadi salah satu fitur paling penting bagi mobil. Keberadaan AC akan membantu menambah kenyamanan berkendara dalam segala cuaca. Oleh karena itu, maka perawatan AC secara berkala sangat penting untuk dilakukan agar AC mobil dapat selalu berada dalam kondisi yang optimal.

Namun sayangnya, banyak pemilik kendaraan yang menganggap remeh perawatan AC. Akibatnya, AC mobil mulai bermasalah sehingga kemudian menjadi rusak. Sebelum AC mobil rusak semakin parah, kenali beberapa gejala atau ciri-ciri AC mobil anda mulai rusak dan bermasalah.

ciri ac mobil rusak

Ciri AC Mobil Rusak dan Cara Mengatasinya

Jika AC mobil dalam kondisi baru, tentu kinerjanya juga dalam kondisi yang terbaik dan bisa memenuhi kebutuhan anda. Namun lama-kelamaan tanpa perawatan yang tepat, performa AC akan terasa menurun. Hal itu dapat dirasakan dari suhu atau tingkat dingin yang dihasilkan mulai kurang terasa. Jika hal tersebut terjadi, perhatikan bagian berikut.

Periksa Kondisi Filter AC
Filter AC umumnya terletak di balik dashboard mobil dan tersembunyi membuat kita jarang memperhatikan komponen AC yang satu ini. Fungsi filter AC sendiri adalah untuk menyaring debu dari karpet dan udara yang kemudian akan dihisap ke blower AC. Jika sudah kotor, maka udara yang bisa melewati filter juga semakin berkurang. Pastikan komponen ini selalu dalam kondisi yang bersih. Umumnya, penggantian filter AC dilakukan setiap 5 ribu kilometer.

Kondensor AC Yang Kotor atau Rusak
Kondensor AC mobil biasanya terletak pada bagian depan mobil. Dalam posisi tersebut, kondensor sangat rentan kotor terkena air, debu atau kotoran di jalan. Cobalah untuk membersihkan dengan air bertekanan agar kotoran yang menempel dapat terlepas. Pastikan pula tidak ada bagian sirip kondensor yang tertekuk apalagi sampai bocor atau patah.

Kualitas Kaca Film Kurang Baik
Kaca film memiliki peranan yang penting untuk menjaga suhu kabin tidak terlalu panas. Jika anda merasa AC mobil dalam kondisi baik, maka mungkin teknologi dan kualitas lem pada kaca film yang anda gunakan tidak dalam kondisi yang optimal.

Ciri AC mobil rusak atau bermasalah yang kedua adalah adanya asap putih yang keluar dari lubang atau kisi-kisi AC. Hal ini terjadi umumnya karena evaporator AC mengalami pembekuan karena kerusakan pada thermostat AC yang terus membuat kompresor bekerja walaupun suhu pada evaporator sudah tercapai. Akibatnya, evaporator membeku dan mengeluarkan asap putih. Jika evaporator dalam kondisi kotor karena saluran AC tidak menggunakan filter, atau filter AC sudah kotor dan rusak, maka evaporator rentan untuk rusak atau bocor.

Untuk mengatasi hal tersebut, anda dapat membersihkan evaporator di bengkel spesialis AC yang terpercaya. Kalau anda mengalami hal ini saat sedang dalam perjalanan, maka gunakan heater agar es di evaporator dapat mencair. Jika AC mobil anda tidak dilengkapi heater, maka turunkan jangan gunakan suhu paling dingin, atau matikan AC sejenak.

Cara membersihkan evaporator AC mobil dapat dilakukan juga sendiri dengan bantuan cairan pembersih evaporator. Anda dapat membacanya di postingan tentang : cara membersihkan evaporator AC mobil.

Related Articles

2 thoughts on “Gejala AC Mobil Mulai Rusak atau Bermasalah”

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker