Tips & TrickTips Otomotif

Cek Kondisi Kaki-Kaki Mobil Saat Mencuci Kolong Mobil

Kaki-kaki pada mobil merupakan salah satu bagian yang cukup vital. Selain menjadi penghubung antara sasis dengan roda serta dengan bagian lainnya, kaki-kaki mobil adalah komponen utama yang menentukan kenyamanan berkendara serta kemudahan dalam melakukan pengendalian mobil. Maka dari itu, kondisi kaki-kaki harus dijaga dengan sebaik mungkin.

Umumnya, adanya gangguan pada kaki mobil dapat dirasakan saat kita mengemudikan mobil tersebut. Namun hal itu baru dapat dideteksi jika gangguan sudah dalam tahap yang cukup mengganggu. Untuk deteksi dini kerusakan atau mengecek kondisi kaki-kaki, anda dapat melakukannya sendiri saat mencuci mobil di tempat pencucian mobil hidrolik. Meski tidak setiap minggu anda harus mencuci hidrolik atau melakukan pengecekan kaki-kaki, namun tak ada salahnya melakukan beberapa langkah berikut setidaknya sebulan sekali atau setelah anda melalui jalan yang jelek dan berlubang.

cek kondisi kaki mobil sendiri

Melakukan Pengecekan Suspensi Mobil
Biasanya, suspensi mobil terdiri dari dua bagian, pegas atau per dan juga sokbreker atau shock absorber. Pada bagian suspensi, kerusakan biasanya terjadi pada sokbreker. Jika bagian sokbreker pada suspensi mobil ini rusak, akan terlihat cairan dari dalam mulai merembes keluar. Anda dapat mendeteksi kerusakan ini dengan melihat ada atau tidaknya kotoran yang melekat pada sokbreker saat bagian suspensi dicuci. Jika ada kotoran yang melekat, berarti anda harus mulai mempertimbangkan untuk mengganti sokbreker anda.

Cek Kondisi Bearing Roda Mobil
Beraring roda tidak dapat dicek kerusakannya dengan melihat secara langsung karena posisinya yang berada pada bagian dalam dari sambungan roda mobil. Fungsi dari bearing ini adalah untuk memuluskan putaran roda mobil. Cara mendeteksi kerusakan bearing adalah saat mobil diangkat di hidrolik, maka putarlah roda ke arah depan. Jika roda berputar secara mulus tanpa hambatan, berarti bearing dalam kondisi normal. Cara lain mendeteksi kondisi bearing yang kurang sehat adalah adanya bunyi menderu saat mobil melaju dalam kecepatan sedang hingga tinggi.

Cek Kondisi Tierod
Untuk mengecek kondisi tierod dapat dilakukan saat mobil sudah diangkat menggunakan hidrolik di pencucian mobil. Anda dapat melihat apakah ada bagian yang longgar. mudah goyang atau luka. Cara lain adalah dengan mencoba membelokkan roda mobil dengan menggoyang ban menggunakan tangan. Jika ada bagian yang mudah goyang, maka kemungkinan besar tierod anda sudah bermasalah.

Cek Kondisi Ball Joint
Bagian ini biasanya terlindungi dengan lapisan karet dan berisi pelumas. Untuk mengetahui kondisi ball joint, sebelum kolong mulai dibersihkan maka lihatlah kotoran yang ada di sekitar ball joint tersebut. Jika kotoran terlihat menempel karena adanya rembesan pelumas, berarti bisa dipastikan ball joint sudah mulai kurang baik kondisinya.

Cek Kondisi Karet Bushing
Komponen ini berfungsi untuk meredam getaran agar tidak mengganggu komponen logam lain yang ia sambungkan. Kerusakan karet bushing biasanya dapat terlihat dari kondisi karet yang mulai pecah, getas atau selongsong yang sudah rusak. Untuk bisa melihat kondisi karet bushing secara jelas dapat dilakukan setelah kolong mobil selesai dicuci.

Kondisi-kondisi kaki-kaki diatas sebaiknya segera diatasi begitu anda mendeteksinya. Hal ini dikarenakan jika tidak diatasi sejak dini, maka akan merembet ke komponen yang lain juga. Sehingga perbaikan yang anda lakukan nantinya akan memakan biaya lebih besar.

Related Articles

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker