Tips & TrickTips Otomotif

Cara Merawat & Membersihkan Karet Kaca Mobil

Tips merawat membersihkan karet kaca mobil

Merawat mobil tidak melulu hanya memperhatikan bagian eksterior yang nyata terlihat seperti body dan cat. Komponen kecil seperti karet kaca juga merupakan komponen penting yang harus dirawat dan dijaga kebersihannya.

Karet kaca mobil bisa saja kotor dan getas. Hal ini dikarenakan faktor lingkungan dan cuaca. Panas matahari dan hujan dapat membuat karet kaca mobil menjadi lebih cepat rusak.

Beberapa pemilik kendaraan kerap kali mengambil jalan mudah ketika melihat karet kaca mobil mereka kotor atau kering. Umumnya, mereka menghitamkan kembali karet kaca mobil tersebut dengan semir ban karet. Padahal dalam waktu dekat, cairan semir tersebut justru akan membuat karet kaca memutih dan lebih cepat kering.

Tips Cara Membersihkan Karet Kaca Mobil

Untuk membersihkan karet kaca mobil, berikut beberapa tips yang bisa anda coba.

  1. Membersihkan karet kaca sebaiknya dilakukan setelah anda selesai mencuci dan mengeringkan mobil.
  2. Untuk karet dengan sudut yang luas, seperti kaca depan dan kaca belakang, anda dapat menggunakan kuas untuk membersihkan debu dan kotoran. Selanjutnya gunakan lap dengan cairan bersilikon untuk mengelap permukaan karet secara perlahan.
  3. Pada bagian sudut karet yang sulit dijangkau, gunakan cotton bud untuk mengoleskan cairan pembersih bersilikon. Sebelumnya tentu gunakan kuas untuk menghilangkan debu-debu yang menempel.
  4. Kaca bagian dalam, khususnya kaca jendela, harus ekstra hati-hati karena kotoran dan debu dapat membuat kaca menjadi seret. Pastikan debu dan kotoran benar-benar hilang saat anda membersihkan dengan kuas. Setelah itu, barulah anda mengelap dengan cairan silikon.
  5. Setelah semua karet kaca bersih, kembali semprotkan cairan silikon khusus karet kaca secara bertahap pada semua bagian. Biarkan meresap baru kemudian anda bersihkan cairan yang meluber.

Tips Agar Karet Kaca Mobil Awet dan Tahan Lama

Agar karet kaca mobil lebih awet, berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan.

  1. Hindari penggunaan cairan beremulsi tinggi untuk membersihkan karet kaca. Contohnya cairan semir ban.
  2. Hindari pula menggunakan minyak anti karat. Contoh yang paling umum adalah WD40. Cairan ini akan membuat karet lebih lengket dan membuat debu lebih mudah menempel setelah dibersihkan.
  3. Gunakan cairan pembersih khusus karet kaca yang memiliki kandungan silikon.
  4. Lakukan perawatan karet kaca mobil anda sedikitnya 2 bulan sekali.

Related Articles

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker