Tips & TrickTips Otomotif

Cara Merawat Karet Wiper Mobil Yang Baik

Saat musim panas atau kemarau, mungkin kita sering kali mengabaikan fungsi dari wiper mobil. Wajar saja, kondisi jalan yang panas dan berdebu, memang cenderung mustahil kita akan membutuhkan alat untuk membersihkan air hujan dari kaca mobil. Namun ketika musim hujan datang, maka wiper mobil menjadi hal yang vital. Lama tak digunakan dan terus terjemur panas matahari, akan membuat wiper menjadi tidak dapat bekerja dengan baik. Sapuan air hujan tidak dapat dibersihkan dengan maksimal, dan lebih parah lagi justru wiper akan membuat kaca depan mobil menjadi baret atau tergores.

Untuk yang ingin cepat, mengganti karet wiper mobil mungkin jadi pilihan pertama. Tapi jika anda ingin yang lebih baik dan mencegah kemungkinan buruk di atas, maka anda dapat melakukan perawatan pada wiper mobil anda. Perawatan ini sendiri cukup sederhana dan tidak sampai membuat anda harus ke salon mobil dan menguras uang anda.

cara merawat karet wiper mobil agar awet

Agar karet wiper tak cepat mengeras dan selalu dapat digunakan, adalah dengan memperhatikan kondisi wiper saat mobil diparkir di panas matahari atau tidak digunakan dalam waktu yang lama. Agar wiper tetap terjaga, cobalah untuk mengangkat wiper atau sedikit memberikan ganjalan agar karet wiper tidak menempel langsung pada kaca. Kaca yang panas akan membuat karet wiper menjadi ikut panas, sehingga karet wiper akan menjadi kering, kaku dan juga retak-retak atau pecah.

Selanjutnya, dianjurkan untuk menggunakan cairan khusus wiper fluid (air wiper) dibandingkan menggunakan air biasa. Pada cairan khusus ini, terdapat sedikit kandungan sabun yang akan membuat kaca menjadi lebih licin dan kotoran mudah pergi. Efeknya, kaca yang licin ini akan membuat kerja wiper lebih ringan karena tidak tersendat oleh kaca yang kesat.

Saat anda mencuci mobil, membersihkan bagian karet wiper mobil cukup dilakukan dengan menyiramnya dengan air bersih saja. Hindari kebiasaan mengosok bagian karet wiper dengan lap atau sabun. Hal ini akan mengikis lapisan pelindung atau pelembab yang biasanya terdapat pada karet wiper mobil.

Jika memang karet wiper sudah terlanjur getas, keras atau pecah-pecah, maka segera mengganti dengan karet wiper yang baru. Pastikan pula anda memilih karet wiper berkualitas baik dengan ukuran yang sesuai untuk jenis mobil yang anda gunakan. Perlu diperhatikan pula pada beberapa jenis mobil, wiper blade yang digunakan berbeda ukuran antara yang kanan dan kiri.

Related Articles

1 thought on “Cara Merawat Karet Wiper Mobil Yang Baik”

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker