Tips & TrickTips Otomotif

Cara Membersihkan Mika Lampu Mobil Yang Kusam

Lampu mobil memiliki peranan yang sangat penting bagi pengemudi dan pemilik kendaraan. Mika lampu yang sudah menguning atau kusam akan mengurangi fungsi utama lampu sebagai pencahayaan saat mengemudi di malam hari atau di tempat yang gelap. Selain itu, lampu juga merupakan bagian dari kosmetik yang dapat memberikan kesan tampilan mobil yang lebih bersih dan elegan.

Penyebab mika lampu mobil menjadi kusam dan kuning bisa disebabkan beberapa faktor. Contohnya adalah penggunaan bohlam lampu dengan watt yang terlalu besar, terlalu sering diparkir di bawah panas terik matahari dan tentu saja pemilik jarang memoles dan melindungi mika lampu dengan wax. Cara paling mudah untuk memperbaiki jika mika lampu sudah kusam adalah menggantinya dengan yang baru.

Namun jika anda ingin mencoba cara murah mengatasi mika lampu yang kusam, mungkin anda bisa mencoba cara yang satu ini. Anda dapat melakukannya sendiri di rumah. Perlengkapan yang anda butuhkan antara lain :

  • Amplas kertas dengan ukuran 1000, 1500 dan 2000
  • Pasta gigi berwarna putih
  • Kompon merah dan putih
  • Shampoo khusus mobil
  • Wax mobil
  • Kain yang halus

cara membersihkan mika lampu mobil kusam

Cara Menghilangkan Kusam Pada Mika Lampu

Untuk mempermudah pekerjaan, hal yang pertama perlu anda lakukan adalah dengan melepas lampu yang akan dibersihkan. Jika anda tidak bisa melepasnya, maka lindungi body yang berada di sekitar lampu dengan selotip atau masking tape. Selanjutnya adalah amplas mika lampu dengan amplas halus yang sudah dicelupkan ke campuran air dan shampoo mobil. Gosok amplas pada mika lampu dengan gerakan memutar. Jika sudah merata, bilas dengan air bersih dan keringkan dengan lap lembut dan kanebo.

Langkah kedua adalah dengan menggunakan pasta gigi yang sudah disiapkan. Poleskan pada mika lampu dan gosok merata dengan arah memutar menggunakan kait katun atau kain yang memiliki tekstur lembut.

Selanjutnya, campurkan kompon merah dan putih hingga benar-benar merata. Oleskan pada permukaan lampu hingga merata, lalu gosok dengan amplas yang paling halus secara perlahan. Jika anda khawatir amplas akan membuat goresan halus, maka gantikan amplas dengan kain katun. Fungsi kompon disini bertujuan untuk menghindari rusaknya coating yang ada di mika lampu. Jika setelah tahap ini anda merasa mika masih kurang halus, anda dapat menggunakan swirl remover, atau mengulangi proses ini namun hanya menggunakan kompon putih saja.

Terakhir, lapisi mika lampu mobil dengan wax yang mengandung zat untuk mengkilapkan mobil. Lapisi lampu mobil dengan wax secara merata, lalu lap dengan gerakan memutar hingga benar-benar bersih. Akan sangat membantu jika anda memiliki mesin poles. Jika tidak, manual saja sudah cukup

Itulah cara mengatasi mika lampu mobil yang kusam sendiri. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Related Articles

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker