Tips & TrickTips Otomotif

Cara Membersihkan Kap Mesin Mobil

Untuk mobil berjenis sedan, SUV atau MPV yang memiliki bagian mesin dengan kap yang luas pada bagian depan, kebersihan kap mesin mobil tentu menjadi perhatian khusus. Bagaimana tidak, setiap kita berkendara, atau parkir, kap mesin tersebut tentu akan menjadi perhatian langsung. Baik dari kita yang duduk di balik kemudi, atau dari sisi orang-orang yang melihat mobil kita.

Sayangnya, perawatan yang salah akan membuat kap mesin mobil kita menjadi banyak goresan halus atau gores rambut (swirl). Maka dari itu, coba untuk melakukan cara yang tepat saat membersihkan kap mesin mobil anda. Berikut ini adalah tips singkat cara membersihkan kap mesin mobil yang baik.

cara membersihkan kap mesin mobil

Siram Dengan Air Bersih Secara Merata
Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah pastikan mesin dan kap mesin mobil sudah dingin terlebih dahulu. Selanjutnya, siram dengan air yang cukup banyak hingga benar-benar merata. Biarkan air turun dengan tujuan agar debu dan kotoran ikut turundan jatuh dari kap mesin mobil anda.

Lap Menggunakan Kain Chamois
Untuk membantu proses pembersihan, setelah siraman pertama tadi, siram mobil sembari di lap dengan menggunakan kain chamois. Lap kap mesin anda searah dari belakang ke depan, agar kotoran yang menempel dapat lepas dan terjatuh. Jika ada kotoran yang menempel kuat, lakukan dengan sedikit menekan-nekan agar kotoran tersebut lepas.

Keringkan Dengan Lap Microfiber
Setelah tidak ada kotoran lagi, hentikan menyiram kap mesin anda. Lap sebentar dengan kain chamois bersih untuk menyingkirkan air yang tertinggal. Selanjutnya untuk membuatnya benar-benar kering, gunakan lap microfiber. Pastikan kap mesin mobil anda sudah benar-benar kering dan tidak ada air yang tertinggal karena dapat menimbulkan bercak sisa air.

Beri Wax Tanpa Silikon
Untuk menjaga agar kap mesin mobil tetap berkilau, gunakan pelembab atau wax secara merata pada kap mesin mobil anda. Caranya cukup dengan oleskan secara merata pada kap mesin mobil tanpa harus memoles secara kuat.

Bersihkan Dengan dengan Kain Microfiber
Setelah wax merata pada kap mesin, maka ambil kembali kain microfiber untuk menyeka dan membersihkan wax tersebut. Lakukan gerakan membersihkan dengan cara bolak balik hingga benar-benar bersih. Anda dapat melakukan waxing ringan ini paling sedikitnya sekali dalam sebulan. Dengan demikian, kap mesin mobil anda akan tetap terlihat bersih dan berkilau. Selain itu, rutin melakukan wax akan membaut bercak sisa air (water spot) ringan menjadi pudar atau bahkan hilang.

Related Articles

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker