Tips & TrickTips Otomotif

Cara Membersihkan Jok Mobil Berbahan Kulit

Jok mobil memang tempat yang cukup rentan terkena kotoran. Baik itu karena pemakaian, terkena tumpahan makanan dan minuman, atau hal lainnya yang membuat noda kotor menempel di jok kulit mobil anda. Jok yang kotor ini juga dapat menyebabkan kabin berbau tak sedap.

Tapi untungnya, membersihkan jok berbahan kulit lebih mudah jika dibandingkan dengan jok yang menggunakan bahan beludru. Jika jok kulit mobil anda kotor, berikut ini ada beberapa tips dan cara membersihkan jok mobil yang berbahan kulit.

cara membersihkan jok kulit mobil

Langkah pertama adalah anda harus terlebih dahulu menyiapkan beberapa alat seperti penyedot debu, sikat yang lembut, lap kering, plas chamois dan obat penghilang noda atau pembersih yang banyak dijual di supermarket atau toko aksesoris. Selanjutnya, bersihkan permukaan jok dari debu dan kotoran terlebih dahulu. Supaya lebuh mudah, anda dapat menggunakan penyedot debu. Namun jika tidak ada, anda dapat mengusapnya dengan tangan dan lap kering yang lembut. Lalu terakhir, usap hingga bersih dengan plas chamois yang sudah diperas terlebih dahulu.

Setelah tahap awal selesai, maka selanjutnya kita akan menggunakan obat pembersih yang sudah kita beli dan siapkan. Di tahap ini, anda harus bergerak lebih cepat karena obat yang disemprot harus segera disikat sebelum mulai mengering. Jika obat sampai kering, maka obat tersebut tidak bisa digunakan dan anda harus mengulanginya lagi. Maka dari itu, dianjurkan untuk membagi tahapan pengerjaan per panel jok agar lebih mudah.

Semprotkan obat ke bagian jok yang ingin dibersihkan lebih dahulu, lalu sikat dengan menggunakan sikat yang lembut dengan gerakan searah. Ini bertujuan agar kotoran tidak kembali lagi. Saat menyikat jangan tekan sikat terlalu kuat. Sikat secara perlahan saja namun merata. Meski begitu, ingat untuk tidak terlalu lama dalam mengerjakan setiap bagian jok.

Setelah obat pembersih disikat dengan merata, maka langsung gunakan lap bersih yang lembut dan dapat menyerap untuk membersihkan bekas obat dan tempat yang sudah kita sikat. Lakukan tahapan ini dengan cepat agar obat tidak sampai kering dengan sendirinya. Cara mengelap cukup dengan gerakan usapan searah, sama seperti saat menyikat. Dan tentu saja, tidak perlu ditekan terlalu kuat.

Jika dirasa masih kurang, maka ulangi lagi di bagian yang menurut anda kurang bersih atau kurang memuaskan tersebut. Jika sudah, maka ulangi tahapan tersebut dengan melanjutkan ke bagian atau panel jok lainnya. Dengan cara tersebut, maka anda akan memperoleh jok kulit mobil yang tampak bersih dan terlihat seperti baru

Related Articles

1 thought on “Cara Membersihkan Jok Mobil Berbahan Kulit”

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker