Tips & TrickTips Otomotif

Cara Memberihkan Jok Mobil Beludru

Jok mobil berbahan beludru memang memiliki kesan mewah bagi interior kendaraan. Atas dasar itulah, beberapa orang memilih beluduru sebagai lapisan interior, khususnya jok mobil mereka. Sayangnya, membersihkan beludru cenderung lebih sulit jika dibandingkan membersihkan jok mobil kulit. Ini karena kotoran lebih cepat meresap dan membekas pada bahan beludru.

Meski begitu, bukan berarti jok dengan bahan beludru tidak dapat dibersihkan. Hanya saja memang diperlukan usaha dan kehati-hatian yang lebih. Untuk awalnya, siapkan terlebih dahulu beberapa alat dan bahan berikut : sikat lembuh, lap bersih, lap microfiber, carian / semprotan pembersih beludru dan tentu saja vacuum cleaner atau penyedot debu.

membersihkan jok mobil beludru
foto : kompas.com

Langkah pertama adalah membuang kotoran dan debu yang berada di permukaan jok atau di yang sudah masuk ke sela-sela beludru. Caranya tentu dengan menggunakan vacuum cleaner. Untuk tahap pertama, lakukan pembersihan ini pada satu bagian jok terlebih dahulu.

Selanjutnya adalah semprotkan cairan pembersih beludru pada bagian jok yang sudah dibersihkan dengan penyedot debu tadi. Semprotan ini biasanya mengeluarkan busa, walau ada pula yang berbentuk cairan. Semprot hanya pada bagian yang sudah dibersihkan saja. Kemudian sikat menggunakan sikat yang lembut dengan cara menyikat searah dan perlahan. Sikat yang kasar dan terlalu ditekan akan membuat bahan beludru cepat rusak.

Setelah disikat, maka segera usap bagian tadi dengan menggunakan lap kering berbahan lembut dan menyerap. Dianjurkan menggunakan lap microfiber. Selanjutnya, keringkan jok dengan cara menjemurnya di bawah sinar panas matahari.

Idealnya, untuk membersihkan jok mobil beludru memang harus melepas jok terlebih dahulu. Dengan demikian, akan lebih mudah untuk membersihkan dan menjemur untuk mengeringkannya. Namun jika dirasa sulit atau merepotkan, anda bisa tetap membersihkan dengan cara jok tetap terpasang. Saat mengeringkan, letakkan mobil di tempat yang terkena panas dan buka lebar pintu serta jendela agar sirkulasi udara kabin cukup lancar.

Related Articles

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker