Tips & TrickTips Otomotif

Cara Cek Kondisi Rem Mobil Setelah Melewati Banjir

AsapMobil – Kondisi cuaca di musim hujan memang cenderung merepotkan pengguna jalan raya. Apalagi ketika jalanan tergenang atau banjir, terkadang mau tak mau kita harus menerobos genangan tersebut dan memebuat resiko kerusakan komponen kendaraan. Bagian yang paling rentan terkena gangguan atau rusak saat menerobos banjir adalah komponen rem. Hal ini dikarenakan saat hujan maupun banjir, rem sangat rentan tersiram dan terendam air.

Menurut mekanik serta orang yang memahami komponen mobil, masalah dan kerusakan pada rem sangat sering terjadi di musim hujan. Hal ini dikarenakan pengendara kurang memahami dan kurang perduli ketika adanya hal yang tidak wajar pada rem mereka setelah terendam atau terkena air. Tanpa perawatan khusus, hal ini akan membahayakan pengguna jalan. Dan jika dibiarkan, perbaikan nantinya justru akan semakin memakan banyak biaya.

cek kondisi rem setelah banjir

Cek Kondisi Rem Mobil

Setelah menerobos banjir, atau genangan air, ada baiknya mewaspadai kerusakan-kerusakan kecil sekalipun pada komponen rem anda. Beberapa hal yang dapat dilakukan setelah mobil digunakan menerobos banjir antara lain adalah sebagai berikut.

Mobil Dengan Rem Tromol/Drum
Penggunaan rem tromol biasanya digunakan pada rem roda belakang. Setelah menerobos banjir, air dapat masuk ke sela-sela drum dan menggenang di dalamnya. Apabila setelah itu mobil diparkir selama beberapa hari, genang tersebut akan makin parah dan menyebabkan karat dan korosi pada bagian dalam rem tromol mobil.

Untuk mendeteksi adanya gangguan genangan air pada rem tromol adalah dengan memperhatikan bunyi-bunyi decitan kecil saat anda mengerem. Coba terus jalan dengan kecepatan normal dan terus memperhatikan decitan tersebut hingga benar-benar hilang. Jika anda merasa rem belum kembali normal, hindari parkir terlalu lama dan penggunaan rem parkir. Selanjutnya, periksakan rem mobil anda ke bengkel terdekat untuk segera dibongkar dan dibersihkan.

Mobil Dengan Rem Cakram
Untuk mobil dengan rem jenis cakram maka cukup mudah untuk mengatasinya. Setelah melalui banjir atau genangan air, maka langsung bersihkan cakram dengan air bertekanan, seperti semprot dengan selang atau langsung bersihkan di pencucian mobil. Dengan demikian, air kotor yang dapat menyebabkan cakram berkarat dan pad terkikis dapat hilang.

Untuk mobil yang sudah menggunakan teknologi ABS, menerjang banjir dapat menyebabkan gangguan sensor untuk membaca kondisi rem. Dalam situasi ini, lampu indikator akan terus menyala atau berkedip untuk memberitahukan bahwa ABS tidak berjalan sebagaimana mestinya. Segera bawa ke bengkel resmi untuk melakukan pengecekan masalah ini.

Yang perlu diperhatikan setelah melalui genangan air atau banjir adalah jangan mengemudikan mobil dalam kecepatan tinggi. Jalan secara perlahan sembari sedikit mengerem agar kampas rem kering dan dapat bekerja dengan normal terlebih dahulu. Baca juga tips tentang cara mengemudi melewati banjir.

Related Articles

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker