Tips & TrickTips Otomotif

Bunyi Aneh Pada Mobil Yang Perlu Diwaspadai

Untuk anda pemilik kendaraan yang menggunakan mobil sebagai alat transportasi utama, sudah saatnya untuk lebih memperhatikan kondisi mobil anda. Salah satunya adalah memperhatikan bunyi-bunyian yang muncul pada mobil saat anda tengah berkendara. Sikap acuh dan terus menggunakan mobil selama mobil berjalan bisa saja akan berakibat mobil justru semakin rusak. Dan berbahayanya, anda tidak akan pernah tahu dimana kerusakan akan muncul. Bisa saja mobil mendadak rusak saat anda tengah di perjalanan jauh di luar kota.

Seharusnya, saat anda mendengar bunyi-bunyian yang kurang normal dari mesin maka anda langsung melakukan pemeriksaan untuk mengetahui asal bunyi tersebut. Setidaknya, anda dapat mengonsultasikan pada mekanik bengkel langganan tentang kondisi tersebut. Hal ini setidaknya memberikan anda bayangan separah apa kerusakan yang mungkin muncul. Setidaknya, berikut ini adalah bunyi-bunyian yang patut diwaspadai akan munculnya kerusakan parah jika tidak diatasi.

Bunyi Aneh Pada Mesin Mobil

Mesin Berdengung Keras
Mesin yang berdengung keras kemungkinan bisa disebabkan oleh van belt yang terlalu kencang. Jika tidak segera diperbaiki, van belt mobil bisa saja putus. Dampaknya, tentu water pump dan dinamo amper (alternator) menjadi tidak bekerja. Dampaknya adalah sistem pendinginan mesin menjadi tidak bekerja dan mesin mobil menjadi terlalu panas (overheat) dan membuat mobil menjadi mogok. Lebih parah lagi, mesin bisa saja terpanggang sehingga kerusakan menjadi terlalu parah. Sementara dinamo amper yang tidak berfungsi akan membuat aki tidak terisi dan kelistrikan menjadi mati.

Tak hanya terlalu kencangn, van belt yang terlalu kendor juga dapat menyebabkan masalah. BIasanya, kondisi ini ditandai dengan bunyi mencicit yang muncul dari bagian mesin mobil. Masalah yang mungkin muncul kurang lebih sama dengan bahayanya van belt terlalu kencang. Lebih parah, van belt bisa saja terlepas dari tempatnya.

Kaki Mobil Berdengung atau Berisik
Jika saat mobil berjalan dalam kecepatan cukup tinggi dan anda merasakan adanya suara berdengung dari bagian roda mobil, maka mungkin anda perlu memeriksaan kondisi kaki-kaki mobil. Pemeriksaan bisa dilakukan di bengkel kaki mobil dengan menyebutkan masalah yang anda miliki. BIasanya, masalah ini disebebakan dari bagian bearing roda atau permukaan ban yang sudah tidak rata.

Namun jika yang anda dengarkan adalah bunyi yang berisik seperti bunyi logam yang saling berbenturan, khususnya saat melewati jalan yang tidak mulus dan berlubang, mungkin anda perlu memeriksa bagian tierod dan end-rod. Bunyi tersebut bisa saja disebabkan karena komponen yang sudah tidak presisi disebabkan usia pemakaian yang sudah cukup lama.

Suara Mesin Kasar Saat Hidupkan AC
Jika saat anda menyalakan AC dan mendengar suara mesin menjadi kasar, terlalu berisik atau gemuruh, kemungkinan kerusakan terdapat pada bearing kompresor AC atau terdapat kebocoran pada bagian oli kompresor. Mengacuhkan hal ini akan membuat kerusakan parah pada kompresor AC mobil anda.

Suara Berdenting Dari Bagian Bawah Mobil
Jika saat anda menginjak gas terdengar bunyi berdenting, apalagi jika mobil yang anda gunakan berjenis penggerak roda belakang (RWD), maka kemungkinan ada masalah pada kopel (propeller shaft). Biasanya hal ini disebabkan karena cross joint yang kondisinya sudah tidak baik atau bahkan sudah rusak (pecah). Selain bunyi yang berdenting, hal ini juga akan mengakibatkan getaran mobil yang terlalu kerasa dan kurang nyaman.

Related Articles

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker