Tips & TrickTips Otomotif

Beli Mobil Bekas: Servis Ringan Dan Ganti Beberapa Komponen

Beli mobil bekas memang salah satu cara populer untuk dapat memiliki mobil dengan dana yang terbatas. Dengan pemilihan yang teliti dan cermat, kita juga bisa mendapatkan mobil bekas dengan kondisi yang sangat baik. Meski demikian, tetap saja untuk memaksimalkan kondisi mobil bekas yang baru kita beli maka ada baiknya kita melakukan penggantian atas beberapa komponen penting. Untuk itu, berikut ini beberapa daftar komponen yang sebaiknya diganti sesaat setelah anda membeli mobil bekas.

Tips Servis Setelah Membeli Mobil Bekas

Lakukan Servis Ringan (Tune Up)
Setelah anda memboyong mobil yang anda inginkan, tak ada salahnya dalam waktu dekat langsung membawa ke bengkel resmi atau bengkel langganan anda. Dengan asumsi anda memilih mobil yang kondisinya sehat, maka anda hanya perlu untuk melakukan servis ringan yang tidak memakan waktu dan biaya terlalu besar. Biasanya, saat servis ringan ini mobil akan di tune up agar mobil kembali ke performanya yang optimal.

Oli / Pelumas
Saat melakukan tune up atau servis ringan, jangan lupa meminta montir anda untuk melakukan penggantian oli atau pelumas. Diantaranya pelumas yang dapat anda ganti adalah oli mesin, oli transmisi, oli power steering, oli gardan dan juga oli rem.

Accu / Aki mobil
Melakukan penggantian komponen kelistrikan yang satu ini memang tidak terlalu diwajibkan. Namun jika anda memperoleh mobil dengan kondisi aki yang kurang baik, maka ada baiknya mengganti aki mobil dengan yang baru. Anda dapat mengecek kondisi aki mobil anda di toko khusus yang menjual aki mobil. Dengan mengganti aki mobil, maka anda akan merasa lebih nyaman di perjalanan karena tidak perlu khawatir kalau mobil tiba-tiba mogok karena masalah kelistrikan yang disebabkan kondisi aki sudah jelek.

Saringan Oli dan Udara
Komponen selanjutnya yang dapat anda ganti untuk mengembalikan mobil ke kondisi yang lebih optimal adalah mengganti saringan oli dan juga saringan udara. Saringan tersebut adalah komponen yang sangat membantu untuk membuat bagian dalam mesin terhindar dari debu.

Baca juga: Pentingnya Merawat Filter AC Mobil

Itulah beberapa komponen yang sebaiknya diganti saat anda membeli mobil dalam kondisi bekas. Jangan lupa saat melakukan servis ringan atau tune up, minta montir untuk memeriksakan kondisi komponen-komponen pendukung lainnya apakah masih baik dan layak untuk digunakan. Dengan cara ini, maka mobil bekas anda akan menjadi lebih nyaman dan tidak kalah performanya dengan mobil baru.

Related Articles

1 thought on “Beli Mobil Bekas: Servis Ringan Dan Ganti Beberapa Komponen”

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker