Tips & TrickTips MengemudiTips Otomotif

Bahaya Berkendara Dengan Ban Mobil Kempes

Ban mobil atau kendaraan sering kali menjadi penyebab terjadinya sebuah kecelakaan yang cukup fatal. Kurangnya perhatian pada daerah ban memang menjadi penyebabnya. Salah satunya adalah ketika kita memaksakan berkendara dengan sadar atau tidak bahwa ban mobil yang akan kita kendarai dalam posisi kempes atau ban kurang tekanan angin.

Mengendarai mobil dengan ban mobil yang kempes tidak hanya membuat pengalaman berkendara menjadi kurang nyaman, tapi juga memiliki banyak kerugian lainnya. Yang pertama dirasakan tentu laju dan pengendalian kendaraan yang menjadi kurang stabil. Selain itu, mobil juga menjadi kurang respon dan sulit untuk dikendalikan. Hal ini dikarenakan ban menjadi kurang responsif terhadap gaya yang dihasilkan dari roda kemudi.

Bahaya ban mobil kempes dipaksa jalan

Selanjutnya, tekanan ban yang kurang atau ban yang kempes akan membuat tapak ban mengalami defleksi atau perubahan pada dinding ban dan membuat ban menjadi lebih banyak menjejak pada permukaan jalan. Dampaknya, rolling resistance atau hambatan yang diterima ban saat bergulir akan semakin tinggi dan banyak energi yang terbuang. Hal ini akan membuat mesin bekerja lebih berat dari normal untuk dapat menggerakkan dan menjalankan kendaraan anda. Kerja mesin yang berat maka berarti pula mobil akan mengonsumsi bahan bakar atau BBM dengan tingkat yang lebih tinggi. Sehingga konsumsi BBM mobil menjadi lebih boros.

Terakhir dan hal yang paling fatal, mengendarai mobil dengan kondisi ban mobil kempes akan meningkatkan resiko ban mengalami kerusakan saat di perjalanan. Hal ini berarti juga meningkatkan resiko kecelakaan karena kerusakan tersebut. Ini dapat terjadi karena ban yang kekurangan angin akan membuat banyak energi terbuang dan menimbulkan panas berlebih pada dinding-dinding ban. Panas yang semakin tinggi ini akan membuat komponen pada karet ban dan juga benang-benang di dalamnya bisa saja meleleh dan menjadi rusak. Dalam kondisi yang cukup ekstrim atau juga saat kecepatan tinggi, ban bisa saja meledak dan menyebabkan kecelakaan fatal pada kendaraan anda.

Oleh karena bahaya-bahaya di atas, mulailah untuk memperhatikan hal kecil pada kendaraan anda seperti tekanan angin pada ban mobil yang akan anda kendarai. Jadi selalu periksakan ban anda sebelum anda memulai perjalanan, demi kenyamanan dan juga keselamatan bagi anda sendiri dan juga pengguna jalan lainnya.

Related Articles

1 thought on “Bahaya Berkendara Dengan Ban Mobil Kempes”

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker