7 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Mobil Bekas di Bali

Dewasa ini mobil memang telah menjadi salah satu kebutuhan bagi kebanyakan orang, terutama untuk bepergian serta melakukan kegiatan bisnis. Kebutuhan akan mobil semakin meningkat dari tahun ke tahun transportasi umum di Indonesia belum bisa memberikan kenyamanan dan banyak orang memilih memiliki kendaraan pribadi saja.

Bagi beberapa orang membeli mobil mungkin menjadi hal yang mudah. Namun ada juga yang menganggap hal ini cukup berat karena kemampuan finansial tidak memadai. Jika Anda memang ingin memiliki sebuah mobil maka tidak perlu khawatir karena Anda bisa membeli mobil bekas di Bali.

Mobil bekas? Apakah kualitasnya terjamin? Meskipun bekas semuanya akan terjamin apabila Anda lebih teliti dalam memilih mobil. Bahkan bisa jadi bisa mendapatkan mobil berkualitas dengan harga miring termasuk juga gratis biaya balik nama mobil. Bagi Anda yang sedang mengincar mobil bekas dengan kualitas terbaik, yuk ikut beberapa langkah di bawah ini:

Tips Membeli Mobil Bekas Di Bali Yang Murah

1. Temukan Penjual yang Tepat
Saat ini memang sudah banyak pihak yang menjual mobil bekas baik itu showroom atau pihak pribadi. Membeli di showroom akan memperluas kesempatan Anda untuk memilih jenis mobil, hanya saja harga yang ditawarkan cukup tinggi dibandingkan dengan pihak pribadi. Semua ada plus minus-nya, keputusan terbaik ada di Anda sendiri.

2. Desain Eksterior Mobil
Setelah menemukan penjual mobil bekas di Bali yang terbaik, selanjutnya Anda perlu melakukan beberapa pengecekan termasuk pada desain eksterior sebagai tampilan luarnya. Ada beberapa bagian yang perlu dicek pada tahap ini yaitu bodi, kaca, lampu, ban dan bagian bawah mobil. Pastikan jika semuanya masih dalam keadaan bagus.

3. Performa Mesin Mobil
Mesin adalah bagian paling penting yang wajib Anda teliti dan tidak boleh sampai terlewatkan. Mesin mobil bekas yang masih dalam keadaan baik biasanya mengeluarkan bunyi suara halus dan mudah distarter. Jika semua normal maka mulailah untuk uji drive,
pastikan jika gigi dan bagian lain berfungsi dengan normal.

4. Aksesoris Pendukung dan Desain Interior
Ada beberapa komponen aksesoris dan desain interior yang perlu Anda perhatikan dari mobil bekas di Bali diantaranya adalah kualitas jok, setel AC, langit-langit mobil, karpet, tombol-tombol dan kaca. Jangan ragu mencoba duduk di atas jok dan pastikan semua masih dalam kondisi yang bagus. Sedangkan pada kaca cobalah naik turunkan kaca dan buka tutup pintu mobil.

5. Kelengkapan Surat-Surat Kendaraan
Surat kendaraan merupakan sebuah hal yang sangat krusial dan wajib diperhatikan agar nantinya Anda tidak repot dengan cara balik nama mobil. Jangan ragu untuk mengeluarkan biaya sedikit mahal asalkan semua surat seperti STNK dan BPKB kendaraan sudah menjadi nama Anda. Jadi Anda tidak perlu lagi bolak balik mengurus semua administrasi untuk balik nama.

6. Cek Fisik Kendaraan
Agar Anda semakin merasa yakin dengan pilihan mobil bekas di Bali, tidak ada salahnya jika lakukan cek fisik ke kantor samsat. Cek fisik ini akan memastikan data serta informasi yang tertera dalam dokumen kendaraan adalah asli. Proses ini bisa Anda lakukan ketika mendapatkan persetujuan dari penjual.

7. Asuransi
Trik terakhir membeli mobil bekas yang berkualitas dan aman adalah dengan memperhatikan asuransi dari kendaraan tersebut. Jika mobil yang Anda pilih memiliki asuransi maka ini akan menjadi keuntungan bagi Anda. Tenang, karena kepemilikan asuransi juga bisa dipindahtangankan atas nama pribadi Anda.

Beli mobil bekas di Bali itu gampang-gampang susah, jadi lebih baik teliti sebelum membeli. Beberapa hal di atas akan menghindarkan Anda dari berbagai macam risiko dan kerugian hanya karena kurang teliti dalam memilih mobil bekas.