Tips Sederhana Merawat Ban Tubeless Mobil Agar Awet

Cara Merawat Ban Mobil Tubeless Agar Awet

Ban mobil memang bisa dibilang sebagai komponen yang memiliki masa habis pakai. Artinya, jika masa pakai sudah habis atau ban sudah gundul / rusak dan tidak layak digunakan, maka ban mobil harus diganti dengan yang baru.

Meski demikian, bukan berarti kalau ban mobil tidak perlu perawatan. Dengan langkah yang tepat, maka ban mobil, khususnya ban tubles bisa lebih awet dan tahan lama.

Cara Merawat Ban Tubeless Agar Awet

Gunakan Tekanan Angin Yang Tepat
Setiap ban memiliki standar tekanan angin ideal. Umumnya, ini tergantung pula pada jenis kendaraan tempat ban mobil tersebut menempel.

Kebanyakan mobil terbaru mengatur tekanan ban depan mereka berada di kisaran 30-32 psi. Sedangkan untuk ban belakang, tekanan yang menjadi acuan sekitar 36-40 psi.

Tekanan angin yang kurang tepat pada ban tubeless akan membuat ban terbebani, cepat rusak, kehilangan grip bahkan terlepas dari velg. Oleh karena itu, periksa standar dan rekomendasi tekanan angin ban tubeless serta kendaraan yang anda gunakan.

Hindari Menghantam Lubang
Sebisa mungkin hindari menghantam lubang saat anda tengah melaju dengan kecepatan cukup tinggi. Jika memang jalan yang anda lalui kurang baik, jalankan mobil secara perlahan agar ban tidak menerima hantaman secara keras.

Jangan Langsung Mencabut Penyebab Bocor
Bukan tidak mungkin ban mobil anda anda terkena musibah di perjalanan. Contohnya saja ban tertusuk paku atau potongan besi di jalan.

Jika anda melihat ada paku atau benda aneh yang menancap di ban mobil, jangan langsung dicabut. Jika dicabut, maka seluruh angin ban mobil anda akan keluar dan ban mobil menjadi kempes.

Cabutlah benda asing yang menancap di ban mobil anda saat anda berada di tukang tambal ban. Atau jika memungkinkan, langsung lepas dan ganti dengan ban cadangan mobil yang anda bawa. Baru kemudian bawa ban yang tertancap paku ke tukang tambal ban untuk diperbaiki.

Lakukan Spooring dan Balancing
Dalam masa pemakaian, melakukan spooring dan balancing ban secara berkala adalah langkah yang sangat dianjurkan. Selain untuk menjaga kestabilan anda saat mengemudi, spooring dan balancing mobil juga menjaga agar masa pakai ban mobil dapat lebih merata atau tidak aus sebelah (Kapan Waktunya Spooring Balancing Ban Mobil)

Lakukan Pengecekan Secara Berkala
Kondisi ban juga menjadi piranti yang menjaga keselamatan anda selama berkendara. Oleh karenanya, selalu lakukan pengecekan secara berkala untuk memastikan ban mobil selalu dalam keadaan baik.

Cara sederhana adalah melihat apakah ban mobil sudah melewati batas tanda D di bahu ban yang merupakan acuan keausan minimum dari ban tersebut. Selanjutnya, periksa seluruh tapak dan dinding ban untuk memastikan tidak ada retak atau kerusakan yang dapat membahayakan saat ban mobil dipacu dalam kecepatan tinggi.

 

Mitsubishi Small MPV Resmi Diluncurkan, Berapa Harganya?
Harga Mobil Toyota Agya 2017 Facelift Terbaru
Mobil Toyota Agya 2017 Terbaru Akan Mengusung Mesin 1.200cc
harga mobil ertiga diesel Indonesia
Suzuki Ertiga Diesel Hadir Di Indonesia 2017, Berapa Harganya?
harga mobil honda freed 2016 terbaru
Honda Freed Terbaru Diluncurkan, Kapan Ke Indonesia?
Jual Mobil Nissan March bekas Murah
Rekomendasi Pilihan Mobil City Car Bekas Terbaik
Cara Mendeteksi Mobil Bekas Kena Banjir
Tips Cara Mendeteksi Mobil Bekas Pernah Terendam Banjir
Tips Membeli Mobil Datsun Go Bekas Harga Murah
Tips Membeli Mobil Datsun Go Bekas
Jual Mitsubishi Mirage Bekas Harga Murah
Tips Beli Mobil Mitsubishi Mirage Bekas
Tips Mengemudi Tips Otomotif
mengapa Mobil Harus Dipanaskan Setiap hari
Mengapa Mesin Mobil Harus Sering Dipanaskan?
Mengatasi Embun Air Pada Lampu Mobil
Lampu Mobil Kemasukan Air Atau Embun, Bagaimana Mengatasinya?
Penyebab AC mobil rusak
Penyebab AC Mobil Rusak Dan Tidak Dingin