Tips Menghilangkan Bau Rokok Di Dalam Mobil

Kebiasaan merokok saat di dalam kabin mobil tentu memiliki dampak bagi kebersihan dan aroma kabin mobil kamu. Tak hanya membuat interior menjadi menguning, asap rokok juga akan membuat kabin menjadi berbau khas rokok yang sulit dihilangkan. Untuk beberapa orang, khususnya yang tidak merokok, hal ini akan membuat kabin mobil jadi berbau dan tidak nyaman.

Cara yang paling sering dilakukan untuk mengatasi kabin mobil bau asap rokok biasanya adalah dengan menggunakan pewangi mobil. Namun cara ini bisa dibilang kurang efektif karena bau asap rokok lebih cenderung menempel pada jok, plafon dan juga karpet mobil. Apalagi beberapa jenis pewangi mobil disebut kurang baik baik sirkulasi udara kabin mobil. Baik itu dapat merusak AC mobil atau juga membuat udara dalam kabin menjadi kurang sehat.

Menghilangkan bau rokok di kabin mobil

Sebenarnya ada beberapa cara mudah untuk menghilangkan bau rokok dari kabin mobil kamu. Namun yang pertama, kamu harus membersihkan kabin mobil dan debu-debu yang ada. Untuk membersihkan kabin mobil, kamu bisa menggunakan vacum cleaner. Setelah itu, cobalah untuk menggunakan beberapa benda berikut ini.

#1 Kulit Jeruk
Cara paling mudah untuk menghilangkan bau rokok di mobil dan bahannya mudah untuk ditemui adalah dengan menggunakan kulit jeruk. Dengan aroma yang segar serta asam yang cukup menyengat, kulit jeruk ternyata dapat menyerap aroma tidak sedap pada kabin mobil yang tertinggal dari asap rokok. Caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu meletakkan beberapa potong kulit jeruk, yang berukuran besar jika memungkinkan, di sudut-sudut kabin mobil. Biarkan selama beberapa hari hingga kulit jeruk tersebut mengering. Jika sudah, buang kulit jeruk tersebut dan kabin akan terasa lebih segar. Kalau dirasa kurang, ulangi lagi selama beberapa kali.

#2 Kopi
Kopi memang sudah terbukti mampu mengusir dan menetralisir bau tak sedap. Alasan ini pula yang membuat beberapa toko parfum menggunakan biji kopi untuk menetralkan penciuman calon konsumen yang baru mencium aroma parfum yang mereka coba.

Untuk menggunakan kopi sebagai pengusir bau rokok di kabin mobil caranya juga cukup mudah. Anda hanya perlu meletakkan bubuk kopi pada kain tipis atau wadah yang berventilasi. Kemudian taruh di sudut-sudut kabin mobil anda. Baik itu di bawah jok penumpang atau pengemudi. Atau bisa juga di gantung jika anda menggunakan bungkus yang menarik. Biarkan kopi bekerja mengusir aroma tak sedap pada kabin mobil kamu, termasuk juga bau asap rokok.

#3 Cuka
Jika anda menginginkan efek yang lebih cepat dengan bahan yang lebih mudah didapat, mungkin anda bisa menggunakan bumbu dapur yang satu ini. Cuka memiliki efek yang lebih cepat, setara dengan kulit jeruk.

Cara penggunaan cuka untuk menghilangkan bau rokok pada kabin mobil juga terbilang mudah. Anda hanya perlu menempatkan cuka pada wadah terbuka seperti mangkuk kecil. Letakkan wadah berisi cuka tersebut pada kabin mobil dan diamkan selama 3 atau 4 jam. Cuka akan membuat aroma pada kabin mobil lebih netral dan menekan bau rokok yang menyengat. Meski cara ini terbilang lebih cepat terasa efeknya, namun tidak semua orang menyukai aroma cuka.

#4 Baking Soda
Penggunaan baking soda juga cukup mudah untuk diaplikasikan. Sama seperti bahan lainnya, anda tinggal menaburkan baking soda di sudut-sudut kabin mobil. Misalkan saja di karpet lantai penumpang, bawah dashboard atau bawah jok. Diamkan beberapa saat, maka aroma rokok serta aroma kurang sedap lainnya pada kabin mobil akan hilang.

Untuk membersihkannya, memang terbilang agak rumit karena bentuknya yang seperti debu / pasir. Jadi penggunaan baking soda akan lebih disarankan jika anda memiliki vacum cleaner untuk membersihkan sisa baking soda tersebut. Anda tinggal menggunakan vacum, dan kabin akan bersih serta beraroma netral kembali.

#5 Arang
Penggunaan arang memang sudah lama dikenal dapat menghilangkan aroma tak sedap. Selain itu, arang juga bermanfaat untuk menyerap kelembaban udara pada ruangan.

Cara penggunaannya sangat mudah pula. Anda hanya perlu meletakkan potongan arang pada sudut-sudut tersembunyi di kabin kendaraan dan diamkan selama beberapa hari. Arang akan menetralisir aroma tak sedap pada kendaraan. Cara ini terbilang lebih awet, namun memakan waktu yang cukup lama untuk merasakan khasiatnya.

Mitsubishi Small MPV Resmi Diluncurkan, Berapa Harganya?
Harga Mobil Toyota Agya 2017 Facelift Terbaru
Mobil Toyota Agya 2017 Terbaru Akan Mengusung Mesin 1.200cc
harga mobil ertiga diesel Indonesia
Suzuki Ertiga Diesel Hadir Di Indonesia 2017, Berapa Harganya?
harga mobil honda freed 2016 terbaru
Honda Freed Terbaru Diluncurkan, Kapan Ke Indonesia?
Jual Mobil Nissan March bekas Murah
Rekomendasi Pilihan Mobil City Car Bekas Terbaik
Cara Mendeteksi Mobil Bekas Kena Banjir
Tips Cara Mendeteksi Mobil Bekas Pernah Terendam Banjir
Tips Membeli Mobil Datsun Go Bekas Harga Murah
Tips Membeli Mobil Datsun Go Bekas
Jual Mitsubishi Mirage Bekas Harga Murah
Tips Beli Mobil Mitsubishi Mirage Bekas
Tips Mengemudi Tips Otomotif
mengapa Mobil Harus Dipanaskan Setiap hari
Mengapa Mesin Mobil Harus Sering Dipanaskan?
Mengatasi Embun Air Pada Lampu Mobil
Lampu Mobil Kemasukan Air Atau Embun, Bagaimana Mengatasinya?
Penyebab AC mobil rusak
Penyebab AC Mobil Rusak Dan Tidak Dingin