Tips & TrickTips Otomotif

Tips Membeli Spare Part Mobil Ex Singapore

Saat mobil mengalami kerusakan dan suku cadang yang baru terasa mahal, maka salah satu cara yang umum ditempuh adalah membeli spare part bekas atau second. Dan biasanya, kebanyakan orang akan memilih untuk membeli spare part bekas yang diimport banyak bengkel atau toko onderdil dari Singapura. Spare part tersebut lazimnya disebut spare part ex-Singapore.

Bengkel atau toko onderdil bekas yang menyediakan spare part ex-Singapore tersebut memang umumnya menyediakan cukup lengkap dari jenis ragam spare part dan juga mesin kendaraan. Hampir semua merk dan tipe mobil populer mereka jual. Namun demikian, tidak semua suku cadang bekas tersebut dalam kondisi yang baik dan dapat digunakan kembali. Berikut ini beberapa tips untuk membeli spare part mobil bekas ex-Singapore yang kadang ditemukan bermasalah dan patut untuk diwaspadai.

Beli Spare Part Mesin Mobil Ex-Singapore

Kompresor Air Conditioner (AC)
Jika dilihat secara fisik, jarang sekali kerusakan kompresor AC dapat dilihat begitu saja. Biasanya, kerusakan dapat diketahui setelah kompresor AC terpasang dan dinyalakan. Jika saat dinyalakan terdengar suara berisik atau suara yang tidak normal, maka kemungkinan besar ada kerusakan dalam komponen kompresor tersebut. Bisa saja bearing atau piston di dalamnya. Maka dari itu, mintalah garansi kepada toko atau bengkel tempat anda membeli untuk dapat menukarkan kompresor yang akan anda beli jika ternyata bermasalah.

Motor Wiper
Spare part ini juga cukup banyak dicari oleh pemilik mobil dengan usia keluaran tahun 2000 ke bawah. Biasanya, mobil yang sudah cukup tua akan mengalami penurunan kinerja pada motor wiper atau putarannya sudah lemah karena termakan usia. Harga motor wiper ini sendiri cukup mahal, berkisar antara 200 hingga 300 ribu rupiah dengan kondisi second ex-Singapore. Namun untuk mengecek kondisinya, anda dapat mencobanya atau melakukan tes kerja motor wiper tersebut saat akan membelinya secara langsung.

Elektrik Fan (Kipas Elektronik Radiator)
Kipas elektronik atau elektrik fan yang berfungsi untuk menjaga dan menurunkan suhu mesin juga cukup banyak diminati oleh pemilik mobil. Biasanya orang yang mencari elektrik fan dikarenakan mobil mengalami benturan keras sehingga merusak elektrik fan mereka, atau pemilik mobil tua yang masih menggunakan kipas radiator konvensional dan ingin menggantinya dengan elektrik fan.

Tips untuk membeli elektrik fan eks-Singapura atau bekas lokal sangat mudah, cukup pastikan kondisi setiap bagian normal dan tidak ada yang patah atau rusak. Pastikan pula barang yang anda beli adalah barang original untuk menjaga keawetannya. Harga elektrik fan sendiri bervariasi, tergantung dengan jenis dan tipe mobil yang digunakan.

Selain spare part yang terbilang besar di atas, ada banyak spare part eks-Singapura lainnya yang masih banyak dicari orang. Sedikit tips, biasanya bengkel akan menyarankan kita untuk membawa contoh barang yang sudah rusak dan ingin kita beli gantinya. Dengan demikian, toko dapat mencari produk yang sama atau dapat digunakan untuk menggantikan spare part tersebut di mobil kita.

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker