Tips & TrickTips Otomotif

Tips Cara Membersihkan Kaca Lampu Mobil Agar Bening Kembali

Lampu mobil, khususnya untuk lampu depan merupakan salah satu bagian yang paling vital dalam berkendara. Saat kondisi malam hari, atau jalanan hujan, mika kaca lampu mobil yang kusam akan membuat sinar lampu yang dihasilkan kurang maksimal. Akibatnya, jalanan yang anda lihat menjadi kurang terang dan membahayakan untuk anda dan juga pengguna jalan lainnya.

Perubahan warna pada mika lampu mobil bisa jadi disebabkan karena panas yang muncul dari bohlam lampu dengan watt yang cukup besar. Panas tersebut yang kemudian menyebabkan mika berubah menjadi kekuningan. Selain itu, faktor lain seperti cuaca, usia pemakaian, jamur kaca hingga goresan karena pemakaian juga dapat menjadi penyebab menurunnya performa lampu depan mobil anda.

Cara Membersihkan Mika Kaca Lampu Mobil Kuning Buram

Kaca lampu mobil yang sudah kurang baik ini dapat dibersihkan dengan membawanya ke salon perawatan mobil. Namun jika anda ingin sedikit repot dan memiliki waktu luang, anda bisa saja membersihkannya sendiri dengan peralatan-peralatan yang cukup sederhana. Yang perlu dipersiapkan adalah kain lap bersih dengan tekstur yang halus, air sabun (bisa sabun cuci mobil atau sabun biasa), kompon, cairan pembersih khusus kaca lampu yang bisa didapatkan di toko perlengkapan otomotif atau dapat digantikan dengan car wax dan juga sikat. Jika kaca lampu banyak terdapat baret halus, maka siapkan pula ampelas dengan ukuran 1500 secukupnya.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membersihkan kaca lampu mobil anda terlebih dahulu untuk membuang kotoran yang menempel. Anda dapat menggunakan kain lap atau sikat pada tahap ini. Selanjutnya, cuci bagian kaca lampu mobil dengan menggunakan air sabun. Bilas dengan air bersih, dan lap sampai benar-benar kering.

Selanjutnya jika kaca mobil terdapat goresan-goresan halus, anda dapat menggunakan ampelas ukuran 1500 yang telah dipersiapkan. Gosok bagian yang tergores dengan ampelas hingga goresan mulai tidak terlihat. Jika dirasa perlu, maka anda dapat menggunakan amplas yang sudah dibasahi dengan air.

Selanjutnya, oleskan kompon atau cairan pembersih lampu mobil secara merata. Gosok dengan menggunakan lap bersih dengan gerakan memutar dan sedikit ditekan. Tunggu hingga benar-benar kering, kemudian lap dengan menggunakan lap bersih. Lakukan langkah ini hingga permukaan mika terlihat benar-benar bening dan tidak ada lagi goresan-goresan.

Setelah semua tahapan dilakukan, anda akan mendapatkan mika kaca lampu mobil menjadi lebih bening dan halus. Jika dirasa perlu, anda dapat mengulangi langkah-langkah di atas hingga hasilnya benar-benar memuaskan. Dengan demikian, sorot lampu yang dihasilkan juga akan lebih terang dan tidak redup lagi.

Related Articles

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker