AsapMobil

Iklan

Suzuki Ertiga Diesel Hadir Di Indonesia 2017, Berapa Harganya?

Bagikan

Suzuki Ertiga Diesel Indonesia – Setelah beberapa waktu lamanya beredar di India, akhirnya Suzuki membawa kabar baik terkait gosip pemasaran mobil Suzuki Ertiga bermesin diesel untuk pasar Indonesia. Dari berbagai sumber situs berita, blog otomotif terpercaya dan komunitas otomotif memastikan bahwa Ertiga diesel akan diperkenalkan di Indonesia pada awal 2017 dan segera dipasarkan secepat mungkin.

harga mobil ertiga diesel Indonesia

Spesifikasi dan Fitur Mobil Suzuki Ertiga Diesel

Untuk versi pasar Bollywood, Suzuki Ertiga bermesin diesel ini juga disebut memiliki unsur hybrid. Dengan dilabeli sertifikasi ARAI, mobil low-MPV andalan keluarga Suzuki ini diklaim mampu menembus jarak tempuh 24,52 km/liter atau lebih irit hingga 44% jika dibandingkan Suzuki Ertiga bensin yang ada di pasaran Indonesia saat ini. Mobil ini mengusung mesin turbodiesel 1.300 cc 4 silinder dengan kode mesin D13A. Tak hanya itu, mesin diesel Ertiga ini juga sudah tertanam berbagai komponen dan fitur menggiurkan macam Integrated Starter Generator atau ISG, Energy Recuperation dan juga beberapa fitur lainnya.

ISG adalah teknologi yang digunakan Suzuki untuk menggantikan fungsi dari alternator konvensional dalam menggerakkan mesin diesel pada Suzuki Ertiga Diesel ini. Selain itu, label nama Smart Hybrid Vehicle by Suzuki atau dikenal dengan SHVS akan mengusung berbagai macam teknologi untuk meningkatkan efisiensi dari mesin diesel yang dimiliki. Contohnya adalah Torque Assist baterai akan menyuplai tenaga pada ISG untuk membantu mesin diesel berakselerasi menggunakan torsi yang dimiliki. Sehingga mesin dapat berakselerasi lebih spontan dengan konsumsi BBM yang lebih efisien.

mesin ertiga diesel Indonesia lebih irit

Pada sistem pengereman, tersemat pula fitur Brake Energy Recuperation. Fitur ini akan membuat energi yang dihasilkan pada sistem pengereman menjadi energi listrik untuk kemudian disimpan ke dalam baterai. Energi ini yang kemudian akan digunakan kembali oleh ISG ketika memberi tambahan tenaga untuk menggerakkan mesin. Fitur menarik lainnya adalah Idle Engine Start-Stop secara otomatis. Sehingga ketika mobil sedang berhenti dalam posisi transmisi netral tanpa menginjak gas dan kopling, mesin akan secara otomotis berhenti. Mesin akan kembali menyala secara otomatis ketika anda menginjak kopling. Dengan fitur-fitur tersebut, mobil Suzuki Ertiga Diesel SHVS ini kemungkinan besar tidak akan hadir dalam transmisi otomatis. Pun begitu pula di India yang sampai saat ini hanya hadir dengan versi transmisi manual.

Harga Mobil Suzuki Ertiga Diesel Di Indonesia

Dengan santernya kabar yang beredar, besar kemungkinan mobil Suzuki Ertiga Diesel ini akan mulai dipasarkan pada pertengahan atau akhir tahun 2017. Mengingat mesin diesel yang diusung tidaklah murni hybrid, maka tentu besar harapan jika mobil ini tidak akan dikategorikan mobil hybrid import dengan pajak tinggi. Menurut kabar yang beredar sendiri, Suzuki menyebutkan jika banderol mobil ini tidak akan terpaut jauh jika dibandingkan mobil Suzuki Ertiga versi bensin yang sudah beredar di Indonesia. Kemungkinan akan berselisih sekitar 30 jutaan saja.

Jika kita lihat lebih jauh, mobil Suzuki Ertiga versi bensin dengan varian tertinggi GX AT dibanderol pada harga 220 jutaan. Dengan demikian maka harga mobil Ertiga Diesel di Indonesia akan berada di kisaran 250 juta rupiah. Namun jika patokannya adalah Ertiga Dreeza yang memiliki banderol harga 240-250 jutaan, maka Ertiga Diesel ini nantinya akan berada di harga 270 hingga 280 jutaan. Di range tersebut, maka mobil ini akan bermain di pasaran Toyota Sienta yang baru saja beredar di pasaran. Bagaimana menurut anda?

Iklan

Bagikan

Terkait

Iklan

Terbaru

Iklan