Semir Ban Mobil, Pilih Yang Busa Atau Cair?

Jika anda adalah tipe yang sangat perduli untuk menjaga penampilan mobil agar selalu terlihat bersih dan menarik, maka anda harus memperhatikan penampilan ban mobil anda. Meski terlihat kurang penting, faktanya ban mobil dapat mempengaruhi penampilan mobil anda secara signifikan.

Salah satu cara untuk menjaga penampilan ban mobil adalah dengan menggunakan semir ban. Selain dapat mempercantik, semir ban mobil juga memiliki manfaat penting untuk meningkatkan dan menjaga usia pakai ban.

Namun sebelum memilih semir ban untuk ban mobil anda, ada baiknya agar anda sedikit mengetahui jenis dan perbedaan semir ban mobil yang banyak beredar di pasaran. Pada umumnya, semir ban dibuat dari zat kimia yang akan membuat ban mobil terlihat hitam pekat dan juga berkilap seperti kondisi baru.

Manfaat Semir Ban Mobil yang Bagus

Saat ini umumnya terdapat dua jenis semir ban mobil yang beredar di pasaran, yaitu semir ban berbentuk cair dan juga yang berbentuk busa.

Semir ban mobil berbentuk cair sebenarnya tidak terlalu sulit untuk digunakan. Yang perlu dilakukan hanyalah memolesnya dengan menggunakan kuas. Atau anda bisa juga menggunakan lap atau spons untuk meratakan cairan semir di ban mobil anda. Biasanya, semir jenis ini banyak dipilih oleh pemilik usaha cuci mobil.

Sedangkan untuk yang ingin praktis dan tidak perlu menggunakan kuas atau lap, maka semir busa dapat dijadikan pilihan. Cara menggunakan semir busa hanyalah dengan menyemprotkan busa semir dari kalengnya ke ban secara merata lalu diamkan hingga mengering. Setelah itu, maka anda mendapatkan ban mobil yang lebih hitam dan tampak seperti baru.

Dari kedua jenis semir ban mobil tersebut sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Semir ban busa jelas unggul dari sisi praktis dan kemudahan. Namun kekurangannya adalah semir busa cenderung membuat ban mobil cepat kering dan getas. Hal ini dikarenakan semir busa kebanyakan dibuat dengan menggunakan zat silikon jenis solvent sebagai bahan utamanya. Zat tersebut memang cukup dikenal dapat membuat karet menjadi lebih cepat getas, sehingga ban mobil akan lebih cepat terlihat pecah-pecah.

Berbeda dengan semir busa, maka semir ban cair menggunakan silikon dengan bahan air (water based). Jika dibandingkan, kilap semir cair ini memang bisa dibilang kalah dengan semir busa. Namun semir cair dengan silikon water based ini cenderung lebih aman untuk ban mobil. Sehingga anda dapat menggunakannya untuk jangka waktu lama sekaligus untuk memperpanjang usia ban.

Mitsubishi Small MPV Resmi Diluncurkan, Berapa Harganya?
Harga Mobil Toyota Agya 2017 Facelift Terbaru
Mobil Toyota Agya 2017 Terbaru Akan Mengusung Mesin 1.200cc
harga mobil ertiga diesel Indonesia
Suzuki Ertiga Diesel Hadir Di Indonesia 2017, Berapa Harganya?
harga mobil honda freed 2016 terbaru
Honda Freed Terbaru Diluncurkan, Kapan Ke Indonesia?
Jual Mobil Nissan March bekas Murah
Rekomendasi Pilihan Mobil City Car Bekas Terbaik
Cara Mendeteksi Mobil Bekas Kena Banjir
Tips Cara Mendeteksi Mobil Bekas Pernah Terendam Banjir
Tips Membeli Mobil Datsun Go Bekas Harga Murah
Tips Membeli Mobil Datsun Go Bekas
Jual Mitsubishi Mirage Bekas Harga Murah
Tips Beli Mobil Mitsubishi Mirage Bekas
Tips Mengemudi Tips Otomotif
Penyebab AC mobil rusak
Penyebab AC Mobil Rusak Dan Tidak Dingin
Menghilangkan bau rokok di kabin mobil
Tips Menghilangkan Bau Rokok Di Dalam Mobil
Mengatasi Masalah Body Roll Pada Mobil
Mengenal Istilah Body Roll Pada Mobil