Perbedaan Mobil Toyota Calya dan Daihatsu Sigra

Isu tentang mobil kembar LCGC dari Toyota dan Daihatsu akhirnya menjadi terang. Hal ini ditunjukkan dengan pengenalan varian mobil Toyota Calya dan Daihatsu Sigra beberapa waktu lalu. Seperti pendahulunya Agya dan Ayla, kedua mobil ini memang menyasar kelas mobil murah. Hanya saja kali ini mereka bermain di pasar mobil 7 penumpang.

Toyota dan Daihatsu sepertinya memang tidak ingin berlama-lama membiarkan Datsun menguasai pasar mobil 7 penumpang di kelas LCGC dengan Datsun Go+ mereka. Dengan dirilisnya kedua mobil ini, jelas pilihan mobil murah 7 penumpang menjadi cukup beragam. Lalu apa perbedaan mobil Toyota Calya dan Daihatsu Sigra ini?

Harga Mobil Toyota Calya

sumber: autonetmagz.com

Perbedaan Eksterior
Dari segi eksterior, mobil Toyota Calya hadir dengan grill yang lebih lebar. Mungkin mengingatkan dengan desain grill pada Toyota Avanza. Terdapat pula fog lamp yang didesain model tegak. Sedangkan Daihatsu kali ini hadir dengan desain yang lebih modern dan dinamis dengan desain grill model X. Model fog lamp hadir lebih agresif dengan desain yang tajam dan dibalut chrome.

Dari belakang, tidak ada perbedaan yang terlalu signifikan. Hanya saja lampu belakang model ‘taring’ sepertinya memang sedang trend di desain mobil terbaru belakangan ini. Sedangkan dari samping, kedua mobil ini mirip-mirip dengan desain Toyota Innova terbaru. Hanya lebih ramping saja.

Perbedaan Interior
Interior mobil Toyota Calya dan Daihatsu Sigra sepertinya tidak ada perbedaan yang berarti. Atau setidaknya demikian yang terlihat dari model varian tertinggi yang sedang gencar dipromosikan. Keduanya memiliki format 7 penumpang. Atau mungkin lebih tepatnya 5+2 penumpang, karena pada baris ketiga agak sempit jika diisi oleh orang dewasa dengan badan yang cukup besar.

Baca juga :   Toyota Sienta Dijual Di Indonesia 2016?

Kapasitas bagasi terbilang cukup luas meski kursi baris belakang tidak dilipat. Dan jika dilipat, tentu kapasitasnya menjadi lebih luas lagi. Menariknya, headrest pada baris kedua dan ketiga dapat diatur ketinggiannya. Sayangnya headrest kursi baris depan justru menyatu dan tidak dapat disetting.

Harga Mobil Daihatsu Sigra Terbaru

Perbedaan Fitur
Untuk varian tipe tertinggi, kedua mobil ini sama-sama sudah mengusung fitur keselamatan dual airbag dan juga rem ABS. Selain itu, kunci mobil sudah menggunakan model immobillizer sehingga lebih aman dari tindakan pencurian karena mobil hanya bisa dinyalakan dengan kunci aslinya.

Kedua tipe mobil ini tidak ada yang mengusung AC double blower. Hanya saja terdapat fitur yang dapat menyalurkan AC dari blower depan dan keluar di sela-sela AC pada barisan belakang. Pihak Toyota menyebutnya dengan teknologi Rear Air Circulation. Selain itu sepertinya fitur power window pada semua pintu dan control panel pada pintu pengemudi menjadi fitur standar.

Yang menarik, MID pada kedua mobil ini tampil dengan cukup atraktif dibandingkan pendahulunya. Mode yang dapat ditampilkan terbilang cukup lengkap. Sedangkan untuk media hiburan, terdapat head unit double din yang dapat terkoneksi melalui bluetooth.

Baca juga :   Ini Dia Mobil Baru Siap Jual di 2015

Perbedaan Mesin
Meski disebut sebagai Agya Ayla versi 7 penumpang, namun dari segi mesin yang terlihat kedua mobil ini adalah pengganti dari Avanza-Xenia yang mulai meninggalkan kelasnya. Ini terlihat dari adanya perbedaan pilihan mesin pada mobil Toyota Calya dan Daihatsu Sigra ini.

Mobil Toyota Calya hadir hanya dengan satu pilihan varian mesin yang disebut merupakan mesin jenis baru. Mobil Toyota Calya mengusung mesin 3NR DOHC berkapasitas 1.2L dengan teknologi dual VVT-i. Untuk pilihan transmisi jelas terdapat pilihan manual dan otomatis.

Mobil Daihatsu Sigra sendiri hadir dengan dua pilihan varian mesin. Selain mengusung model dengan mesin yang sama pada Toyota Calya, Daihatsu Sigra juga mengusung mesin yang sama dengan Daihatsu Ayla. Yaitu mesin 1KR DOHC 3 silinder VVT-i dengan transmisi manual.

Harga Mobil Toyota Calya dan Daihatsu Sigra

Dari beberapa kali muncul di pemberitaan, Toyota sepertinya memang menempatkan Daihatsu untuk produksi dan pemasaran mobil yang bermain di segmen lebih rendah dibandingkan brand Toyota. Begitu pula dengan mobil terbaru mereka ini. Toyota Calya akan dibanderol di rentang harga 125 hingga 150 jutaan. Sedangkan Daihatsu Sigra akan dijual pada rentang harga 110 hingga 140 jutaan.

Harga Mobil Toyota Agya 2017 Facelift Terbaru
Mobil Toyota Agya 2017 Terbaru Akan Mengusung Mesin 1.200cc
harga mobil ertiga diesel Indonesia
Suzuki Ertiga Diesel Hadir Di Indonesia 2017, Berapa Harganya?
harga mobil honda freed 2016 terbaru
Honda Freed Terbaru Diluncurkan, Kapan Ke Indonesia?
Pertimbangan Sebelum Beli Mobil Baru
Mau Beli Mobil Baru? Pertimbangkan Hal Penting Ini!
Jual Mobil Nissan March bekas Murah
Rekomendasi Pilihan Mobil City Car Bekas Terbaik
Cara Mendeteksi Mobil Bekas Kena Banjir
Tips Cara Mendeteksi Mobil Bekas Pernah Terendam Banjir
Tips Membeli Mobil Datsun Go Bekas Harga Murah
Tips Membeli Mobil Datsun Go Bekas
Jual Mitsubishi Mirage Bekas Harga Murah
Tips Beli Mobil Mitsubishi Mirage Bekas
Tips Mengemudi Tips Otomotif
Belajar Mengemudi Mobil Manual
Cara Belajar Mengemudi Mobil Manual
Penyebab dalam lampu mobil berembun
Apa Penyebab Lampu Mobil Berembun?
penyebab embun kaca mobil saat hujan
Mengapa Kaca Depan Mobil Berembun Saat Hujan?