Tips & TrickTips Otomotif

Penyebab AC Mobil Rusak Dan Tidak Dingin

Penyebab AC mobil cepat rusak memang sulit untuk dapat diketahui. Terkadang, meski sudah melakukan perawatan ac mobil secara teratur, AC mobil bisa saja mendadak tidak dingin, tidak mau bekerja seperti yang diharapkan. Mungkin juga itu adalah beberapa gejala AC mobil rusak.

Dari berbagai hal yang menyebabkan AC mobil menjadi rusak, berikut ini mungkin beberapa yang paling umum dan paling sering dialami pemilik kendaraan :

Penyebab AC mobil rusak

#1 Kebocoran Pada Sistem AC Mobil
Sering kali saat kita melakukan servis AC mobil karena alasan tidak dingin, bengkel dengan gampang memvonis kalau freon AC mobil habis dan harus diisi ulang. Kalau dalam waktu yang lama, mungkin bisa dianggap wajar. Namun kalau terlalu sering, besar kemungkinan kalau sistem AC mobil mengalami kebocoran.

Kebocoran freon AC mobil bisa disebabkan karena selang sambungan yang tidak kencang (longgar), terdapat retakan atau karat pada mesin kompresor dan juga retakan atau kebocoran pada selang. Bisa disebabkan karena getas pemakaian, atau hal lain seperti digigit tikus.

Kebocoran ini sebenarnya dapat diidentidikasi dengan alat yang dimiliki bengkel AC yang cukup lengkap. Namun sayang, tidak semua bengkel AC memiliki alat deteksi dan mau mengecek adanya kebocoran. Jadi, jika terlalu sering mengisi freon, mintalah bengkel AC untuk memeriksa detail adanya kemungkinan kebocoran freon AC mobil anda.

#2 Masalah Pada Kompresor
Dalam kondisi normal dan sehat, kompresor AC mobil tidak memiliki bunyi yang berisik. Bunyi yang umum dikeluarkan kompresor AC mobil adalah bunyi putaran belt dan suara hentakan ketika magnet AC mobil bekerja.

Jika dari kompresor AC mobil terdengar suara gesekan yang terlalu kuat atau berisik, berarti ada masalah pada kompresor. Masalah bisa disebabkan karena kurangnya oli atau adanya karat pada kompresor.

#3 Eror pada Thermostat / Sistem Elektronik
Untuk mobil keluaran terbaru, sistem AC yang digunakan sudah lebih modern. Sistem yang tertanam dapat membaca suhu dalam kabin dan luar kabin untuk menyesuaikan kinerja sistem AC agar lebih optimal.

Saat terjasi eror atau malfungsi dari sistem, maka AC tidak akan bekerja sebagaimana mestinya. Masalah ini biasanya disebabkan kerusakan pada thermostat yang berakibat salah dalam membaca suhu luar dan dalam kabin. Akibatnya, sistem yang membaca kondisi ini akan mengirimkan instruksi agar AC bekerja secara kurang tepat.

Untuk merawat AC mobil dengan murah, mungkin anda bisa mencoba cara membersihkan evaporator AC mobil sendiri.

#4 Kipas Blower AC Mobil Sudah Lemah
Jika AC mobil terasa kurang dingin atau tidak bertiup dengan baik, mungkin perlu diwaspadai juga masalah pada kipas blower. Biasanya kipas blower dapat menjadi kotor sehingga putarannya menjadi terhambat dan menjadi pelan.

Selain itu, masa pemakaian juga dapat membuat kinerja dinamo kipas blower AC mobil menjadi menurun. Kalau kipas blower terlihat bersih namun tidak berputar dengan baik, mungkin sebaiknya anda memeriksa bagian dinamo ini.

#5 Filter AC Kotor
Meski sederhana, namun faktanya banyak pemilik kendaraan yang tidak memperhatikan kondisi filter AC mobil mereka. Filter AC mobil memiliki peranan penting untuk menjaga agar AC mobil tetap dingin, segar dan tidak berbau (apek). Oleh karenanya pemilik kendaraan harus memahami pentingnya merawat filter AC mobil.

Penyebab filter AC mobil kotor umumnya dikarenakan perilaku dari pemakaian pengemudi dan penumpang. Contohnya adalah merokok di dalam mobil, makan dan minum serta parfum mobil yang terlalu kuat dan dekat dengan saluran AC. Selain itu, masih ada beberapa kebiasaan penyebab AC Mobil rusak.

Oleh karena itu, pemilik kendaraan harus merawat filter AC mobil secara rutin. Jika sudah terlalu lama tau terlalu kotor, maka filter AC mobil harus diganti.

Related Articles

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker