Tips & TrickTips Otomotif

Mesin Mobil Overheat Saat AC Dinyalakan, Apa Penyebabnya?

Fungsi AC pada mobil tentunya memiliki peranan yang sangat penting untuk menjaga kenyamanan dalam berkendara. Bayangkan jika cuaca sedang panas menyengat dan anda harus mengemudi tanpa AC. Tentu akan kegerahan. Sedangkan saat hujan turun, jika tidak menggunakan AC, kaca cenderung menjadi berembun sehingga mengganggu pandangan saat mengemudi.

Namun masalahnya, dalam beberapa kondisi, cukup banyak pengemudi yang mengeluhkan kalau suhu mesin menjadi panas atau bahkan overheat saat AC mobil dinyalakan. Mengapa bisa demikian?

Saat AC mobil dinyalakan, maka beban kerja mesin mobil semakin meningkat. Ini dikarenakan mesin mendapat kerja tambahan untuk memutar kompresor AC. Saat beban kerja meningkat, maka mesin perlu menambah asupan bahan bakar dan juga meningkatkan temperatur kerja mesin. Disinilah dibutuhkan sistem pendinginan mesin yang baik serta stabil agar mesin tidak mencapai titik suhu berlebihan dan menyebabkan overheat.

Mesin Mobil overheat saat menghidupkan AC

Jika ternyata penggunaan AC membuat suhu mesin meningkat terlalu signifikan atau bahkan sampai overheat, ada beberapa hal yang dapat diperiksa.

Extra fan AC
Jika mobil anda memiliki extra fan yang menyala saat menghidupkan AC, perlu dicek apakah extra fan tersebut masih berfungsi dengan normal.  Jika ternyata extra fan sudah lemah, maka beban untuk mendinginkan kondensor dan radiator hanya akan ditanggung oleh kipas radiator saja.

Clutch Fan Rusak
Overheat juga bisa disebabkan karena clutch fan sudah rusak atau kekurangan oli silikon. Untuk memastikannya, cobalah melakukan pengecekan dengan memutar clutch fan menggunakan tangan. Jika terasa sangat ringan atau loss, berarti sudah waktunya mengganti oli silikon atau bahkan mengganti clutch fan.

Saluran Udara Kotor
Kondensor dan radiator mobil didesain dengan bentuk memiliki kisi-kisi untuk menyalurkan udara agar lebih cepat dalam mendinginkan cairan pendingin di dalamnya. Jika kisi-kisi tersebut kotor dan tersumbat oleh debu dan kotoran, maka aliran udara juga menjadi tidak lancar. Dampaknya, pendinginan cairan udara untuk pendingin mesin pada radiator juga tidak maksimal sehingga panas mesin menjadi tidak tertahankan.

Kerusakan Pada Thermostat
Dalam kondisi normal, thermostat akan membuka ‘pintu’ untuk mengalirkan coolant yang sudah sampai titik optimal untuk didinginkan di radiator. Jika rusak, maka coolant yang telah panas tetap tertahan dalam mesin, sehingga suhu mesin jadi meningkat dan menyebabkan overheat.

Namun jika kerusakan ada pada thermostat, mesin akan panas dan overheat meski tidak menyalakan AC. Jadi kecil kemungkinan jika thermostat menjadi penyebabnya.

Kapasitas Kompresor
Jika mesin sudah dimodifikasi dan kompresor sudah tidak sesuai kapasitas standar mesin, maka bisa jadi kerja kompresor menjadi beban yang terlalu berat bagi mesin. Khususnya jika kompresor diubah dengan kapasitas yang lebih besar.

Selain permasalahan di atas, overheat mesin mobil saat menyalakan AC bisa juga disebabkan karena V-belt yang kurang kencang atau juga dikarenakan modifikasi yang dilakukan pada grill mobil, sehingga aliran udara menjadi kurang sempurna.

Related Articles

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker