Mengenal Istilah Body Roll Pada Mobil

Saat membaca atau menonton review mobil di YouTube, kita sering kali mendengar berbagai istilah yang mungkin terasa cukup asing. Berbagai istilah mungkin sudah sangat akrab seperti eksterior, interior, ground clearance atau radius putar. Namun ada pula istilah yang ternyata tidak semua orang memahami. Salah satunya adalah body roll.

Mengatasi Masalah Body Roll Pada Mobil

Apa yang dimaksud body roll pada mobil?
Body roll mobil adalah kondisi dimana body mobil seperti terlempar ke arah luar jalur, khususnya saat mobil berbelok dan bermanuver tajam. Dalam istilah yang sederhana, mobil terasa limbung dan akan terlempar atau mental.

Kondisi body roll pada mobil bukanlah sesuatu yang aneh dimiliki mobil, khususnya untuk jenis kendaraan dengan body dan ground clearance yang tinggi. Misalnya low-MPV. Oleh karena itu, penting untuk pengemudi mengetahui seberapa parah tingkat body roll pada mobil yang dikemudikan. Jika tidak, maka saat mobil memasuki tikungan dalam kecepatan di atas rata-rata, mobil bisa saja terlempar atau terguling.

Penyebab Body Roll Pada Mobil
Umumnya, body roll mobil disebabkan oleh ukuran body mobil yang terbilang tinggi. Selain itu, ground clearance yang tinggi juga akan menambah kemungkinan body roll pada mobil. Hal ini akan terlihat saat mobil berpindah jalur dalam kecepatan lumayan tinggi atau sedang, body mobil seperti lambat mengikuti pergerakan perpindahan tersebut. Khususnya pada body bagian belakang.

Selain itu, suspensi yang terlampau empuk / lembut juga bisa menjadi penyebabnya. Saat mobil bermanuver dengan kecepatan tinggi, body akan mengalami gaya sentrifugal dan kemudian ditopang oleh suspensi. Ketika suspensi terlampau lembut, maka body akan ‘terlempar’ semakin jauh dari chasis mobil. Maka mobil pun terasa makin limbung. Itulah alasan mengapa mobil yang memiliki mesin kecepatan tinggi didesain dengan suspensi yang cenderung rigid.

Cara Mengatasi Body Roll Pada Mobil

Kondisi mobil yang memiliki body roll terbilang parah, atau limbung, tentu mengurangi kenyamanan dan tentu saja keamanan bagi penumpang. Oleh karenanya, tidak ada salahnya jika anda melakukan beberapa langkah untuk mengatasi, atau sekedar mengurangi gejala body roll pada mobil.

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mengganti suspensi mobil dengan yang lebih keras atau rigid. Suspensi yang keras akan membuat gejala body roll langsung berkurang. Hanya saja karena prinsipnya keamanan sulit untuk disejajarkan dengan kenyamanan, maka suspensi mobil tentu akan terasa keras dan mengurangi kenyamanan.

Selanjutnya, anda dapat memasang penguat rangka dan sway bar, anti-roll bar atau stabilizer link. Biasanya banyak istilah yang digunakan untuk benda yang satu ini.

Untuk yang paling mudah terlihat adalah sway bar yang mengikat suspensi belakang mobil bagian kiri dan kanan. Bentuknya seperti besi melintang di belakang bawah mobil yang sering kali diberi warna mencolok seperti merah atau orange.

Sedangkan di dalam ruang mesin, anda bisa memasang yang biasa disebut strut bar. Sama seperti sway bar, strut bar akan mengikat suspensi depan bagian kiri dan kanan yang terlihat melintang di ruang mesin.

Dengan pemasangan sway bar dan strut bar, suspensi akan saling menjaga agar body roll yang disebabkan suspensi tidak terlalu parah.

Mitsubishi Small MPV Resmi Diluncurkan, Berapa Harganya?
Harga Mobil Toyota Agya 2017 Facelift Terbaru
Mobil Toyota Agya 2017 Terbaru Akan Mengusung Mesin 1.200cc
harga mobil ertiga diesel Indonesia
Suzuki Ertiga Diesel Hadir Di Indonesia 2017, Berapa Harganya?
harga mobil honda freed 2016 terbaru
Honda Freed Terbaru Diluncurkan, Kapan Ke Indonesia?
Jual Mobil Nissan March bekas Murah
Rekomendasi Pilihan Mobil City Car Bekas Terbaik
Cara Mendeteksi Mobil Bekas Kena Banjir
Tips Cara Mendeteksi Mobil Bekas Pernah Terendam Banjir
Tips Membeli Mobil Datsun Go Bekas Harga Murah
Tips Membeli Mobil Datsun Go Bekas
Jual Mitsubishi Mirage Bekas Harga Murah
Tips Beli Mobil Mitsubishi Mirage Bekas
Tips Mengemudi Tips Otomotif
mengapa Mobil Harus Dipanaskan Setiap hari
Mengapa Mesin Mobil Harus Sering Dipanaskan?
Mengatasi Embun Air Pada Lampu Mobil
Lampu Mobil Kemasukan Air Atau Embun, Bagaimana Mengatasinya?
Penyebab AC mobil rusak
Penyebab AC Mobil Rusak Dan Tidak Dingin