Mengapa Kaca Depan Mobil Berembun Saat Hujan?

penyebab embun kaca mobil saat hujan

Saat berkendara dalam kondisi cuaca hujan deras, tidak sedikit pengendara yang mengeluhkan mengalami kaca depan berembun. Selain mengganggu kenyamanan berkendara, hal tersebut juga sudah pasti mengancam keselamatan anda dan juga pengendara lainnya. Lalu, apa penyebab kaca mobil berembun saat hujan tersebut?

Menurut beberapa artikel dan juga mekanik bengkel, jika kaca mobil berembun saat hujan sedangkan anda berkendara dengan AC mobil dalam kondisi menyala, bisa dikatakan jika AC mobil anda bermasalah. Hal ini disebabkan karena suhu di luar mobil ternyata justru lebih dingin dari kabin mobil yang menggunakan AC.

Dalam kondisi normal, suhu ideal AC mobil ada pada inlet kabin 5 hingga 8 derajat. Untuk mengetahui posisi inlet suhu ideal AC mobil tersebut dapat dilakukan pengukuran dengan alat Power Scan. Jika saat berkendara dalam hujan dan anda mengalami kaca mobil berembun, sangat disarankan untuk segera dilakukan pengecekan di bengkel AC yang memiliki Power Scan.

Bagaimana Agar Kondisi AC Mobil Terawat?

Jika AC mobil anda masih berkondisi baik dan tidak mengalami masalah di atas, bukan berarti anda dapat tenang saja. Anda harus tetap menjaga agar AC mobil selalu dalam kondisi prima. Khususnya pada musim hujan.

Baca juga :   Tips Cara Merawat Power Window

Salah satu kebiasaan yang paling sering dilakukan dan ternyata dapat merusak AC adalah seringnya membuka kaca jendela mobil dalam kondisi AC mobil menyala.

Saat kaca jendela mobil dibuka, maka suhu mobil juga kurang terjaga atau susah mencapai titik optimal. Hal ini akan membuat kompresor AC terus menerus bekerja tanpa cut off dan cut on. Akibatnya, sitemasi AC mobil akan lebih cepat rusak.

Selanjutnya, kebiasaan merokok dalam mobil juga ternyata mempengaruhi usia dan masa pakai komponen AC. Utamanya ada evaporator. Hal ini dikarenakan asap rokok dengan segala kandungannya akan menempel pada evaporator sehingga sirkulasi menjadi terhambat.

Terakhir adalah kurangnya pemilik kendaraan memperhatikan komponen atau bagian-bagian dari sistem pendingin kabin mobil tersebut. Beberapa indikasi yang menyebabkan AC mobil mulai bermasalah adalah hembusan angin pada AC terasa melemah dan adanya tetesan air atau embun dari selang atau komponen lainnya.

Baca Juga : Membersihkan AC Mobil Sendiri

Jika anda rajin merawat dan menjaga kondisi AC mobil, serta menggunakan komponen part original untuk sistem pendingin kabin mobil kesayangan anda, maka anda dapat menghindari masalah kaca mobil berembun saat berkendara di tengah hujan deras.

Baca juga :   Cara Cek Kondisi Rem Mobil Setelah Melewati Banjir
Harga Mobil Toyota Agya 2017 Facelift Terbaru
Mobil Toyota Agya 2017 Terbaru Akan Mengusung Mesin 1.200cc
harga mobil ertiga diesel Indonesia
Suzuki Ertiga Diesel Hadir Di Indonesia 2017, Berapa Harganya?
harga mobil honda freed 2016 terbaru
Honda Freed Terbaru Diluncurkan, Kapan Ke Indonesia?
Pertimbangan Sebelum Beli Mobil Baru
Mau Beli Mobil Baru? Pertimbangkan Hal Penting Ini!
Jual Mobil Nissan March bekas Murah
Rekomendasi Pilihan Mobil City Car Bekas Terbaik
Cara Mendeteksi Mobil Bekas Kena Banjir
Tips Cara Mendeteksi Mobil Bekas Pernah Terendam Banjir
Tips Membeli Mobil Datsun Go Bekas Harga Murah
Tips Membeli Mobil Datsun Go Bekas
Jual Mitsubishi Mirage Bekas Harga Murah
Tips Beli Mobil Mitsubishi Mirage Bekas
Tips Mengemudi Tips Otomotif
Mengatasi Masalah Body Roll Pada Mobil
Mengenal Istilah Body Roll Pada Mobil
Tips agar Mobil Irit BBM Bensin
Cara Untuk Membuat Mobil Lebih Irit Bensin
Manfaat Semir Ban Mobil yang Bagus
Semir Ban Mobil, Pilih Yang Busa Atau Cair?