AsapMobil

Iklan

Mau Beli Mobil Baru? Pertimbangkan Hal Penting Ini!

Bagikan

Pertimbangan Sebelum Beli Mobil Baru

Meski bagi sebagian kalangan mobil bukan lagi menjadi barang yang mewah, tapi membeli mobil dengan harga yang tidak murah tetap membutuhkan banyak pertimbangan. Jangan sampai anda merasakan penyesalan padahal baru saja membeli mobil baru dari dealer. Biasanya hal ini dialami karena beberapa hal yang lupa untuk dipertimbangkan atau juga terburu nafsu ingin segera punya mobil baru.

Jika dibandingkan dengan membeli mobil bekas, sebenarnya membeli mobil baru harus bisa lebih mudah dan cepat. Anda tidak perlu mencari ‘penjual’ mobil yang anda ingin beli, tidak perlu cek kondisi dan mesin secara berlebihan atau juga memeriksa rekam jejak dan surat-surat seperti pada saat membeli mobil bekas. Sehingga, anda punya lebih banyak waktu untuk melakukan berbagai pertimbangan.

Berdasarkan banyak artikel dan pengalaman pemilik mobil, berikut ini beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan saat akan membeli mobil baru agar tidak menyesal di kemudian hari.

Nilai Dari Penampilannya
Saat membeli mobil, tidak ada salahnya untuk menilai penampilan sebagai hal pertama yang anda lakukan. Ingat, selain menjadi alat transportasi, mobil bagi sebagian orang juga merupakan cerminan refleksi diri. Entah itu untuk tampilan yang lebih modern, fashionable atau agar terlihat elegan.

Tak hanya pada tampilan eksterior, tapi interior juga harus menjadi point penting penilaian. Sebagai pemilik, anda akan lebih sering berada di dalam dan menikmati interior dibandingkan eksterior mobil yang akan anda beli.

Lihat Kebutuhan
Membeli mobil tentu harus sesuai dengan kebutuhan anda sendiri. Jika anda hanya akan menggunakannya sendiri atau berdua pasangan dan masih di dalam kota, tentu lebih tepat memilih city car, SUV atau sedan dibandingkan MPV. Namun jika anda memiliki anggota keluarga yang cukup banyak dan sering bepergian keluar kota, MPB bisa jadi pertimbangan menarik.

Kapasitas Mesin dan Transmisi
Setelah mempertimbangkan dua hal di atas, mulailah mengeliminasi target mobil incaran dengan mempertimbangkan kapasitas mesin dan jenis transmisi mobil yang akan anda beli. Untuk melakukan hal ini, anda dapat mempertimbangkan dengan melihat kondisi jalan dan kepadatan lalu lintas pada rute yang paling sering anda lewati. Misalnya untuk rute dalam kota yang cukup padat dan memaksa mengemudi dengan metode stop and go, mobil cc kecil tentu lebih membantu untuk penghematan bahan bakar dan transmisi matic memudahkan anda dalam mengemudi.

Kemampuan Daya Beli
Seperti yang sudah disebutkan, mobil bukanlah sebuah barang dengan harga yang murah. Sehingga penting untuk menentukan batas maksimal daya beli yang dapat anda keluarkan. Baik itu secara tunai maupun kredit. Jika tunai, mungkin anda bisa menentukan batas harga tertinggi yang siap anda keluarkan. Namun jika kredit, anda harus mempertimbangkan kemampuan cicilan perbulan dan berapa lama jangka waktu pembayaran yang dapat anda pilih.

Baca Juga : Keuntungan Beli Mobil Secara Kredit

Test Drive dan Test Drive
Setelah memiliki beberapa kandidat mobil yang ingin anda beli, lakukan pengetesan atau test drive. Jangan sungkan untuk berulang kali meminta test drive dengan berbagai kondisi. Jika memang dibutuhkan untuk keluarga, bawa keluarga untuk ikut test drive dan minta pendapat mereka tentang pengalaman yang mereka rasakan saat menjadi penumpang di ‘calon mobil keluarga’ anda tersebut.

Iklan

Bagikan

Terkait

Iklan

Terbaru

Iklan