Tips & TrickTips Otomotif

Lampu Mobil Kemasukan Air Atau Embun, Bagaimana Mengatasinya?

Bagi pemilik kendaraan, embun yang muncul pada mika lampu tentu menjadi hal yang mengganggu. Dalam kondisi yang semakin parah, embun tersebut akan menumpuk dan menjadi air yang menggenang di dalam mika lampu mobil. Tak hanya membuat lampu mobil jadi kurang menarik dilihat, embun dan air pada mika lampu mobil akan membuat fungsi penerangan lampu menjadi menurun atau redup.

Pengembunan pada mika lampu mobil sebenarnya bisa dibilang hal yang biasa dan dialami banyak pemilik kendaraan. Pengembunan atau kondensasi umumnya disebabkan perbedaan suhu yang terjadi antara bagian dalam mika lampu dengan suhu luar mika. Biasanya kondisi ini semakin sering terjadi saat mobil digunakan saat hujan atau setelah mobil dicuci.

Mengatasi Embun Air Pada Lampu Mobil

Selain karena masalah suhu, air di dalam reflektor atau mika lampu mobil juga bisa disebabkan karena mobil dipakai untuk menerjang banjir. Adanya lubang ventilasi pada bagian belakang headlamp membuat air banjir, atau air bertekanan di tempat cucian dapat masuk melalui lubang tersebut.

Embun dan air juga bisa masuk ke dalam mika lampu mobil dikarenakan seal dan karet yang menghubungkan batok dan mika lampu sudah getas atau pecah. Sehingga embun dan air dapat menyusup dari sela retakan / pecahan sempit tersebut.

Embun pada mika lampu mobil seringnya akan hilang dengan sendirinya jika didiamkan. Namun demikian, hal ini bukanlah solusi. Dikhawatirkan jika tidak diperbaiki, maka air akan mengganggu kelistrikan khususnya pada lampu mobil.

Cara paling mudah mengatasi air atau embun pada mika lampu mobil adalah dengan mengganti satu set batok lampu mobil dengan yang baru. Namun cara ini bukanlah cara yang murah dan mungkin bukan pilihan yang terbaik.

Untuk lebih hemat dan cukup bisa jadi solusi yang baik, adalah dengan melakukan servis / perawatan ringan untuk batok lampu mobil yang bermasalah tersebut. Biasanya, bengkel akan melepas dan membongkar batok lampu mobil tersebut. Kemudian karet-karet dan sealent akan diganti dengan yang baru supaya lebih rekat dan tidak ada celah.

Saat proses perbaikan tersebut, jangan lupa untuk meminta agar batok dan mika lampu bagian dalam dibersihkan. Embun dan genangan air yang telah lama berada di dalam akan meninggalkan bekas yang membuat batok dan mika lampu menjadi buram.

Masalah embun pada lampu mobil tidak hanya bisa menyerang mobil bekas atau mobil lama, namun juga bisa dialami pemilik mobil baru. Jika masih dalam masa garansi atau baru keluar dari dealer, tidak ada salahnya untuk komplain dan mendapatkan penggantian batok lampu baru.

Terakhir, pengguna dapat melakukan langkah preventif untuk mencegah agar masalah tidak muncul kembali. Diantaranya adalah dengan tidak menerobos genangan air yang cukup tinggi, serta berhati-hati saat menyemprot air bertekanan tinggi di sekitar batok lampu mobil.

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker