AsapMobil

Iklan

Keuntungan dan Kerugian Beli Mobil Secara Kredit

Bagikan

Keuntungan Kerugian Beli Mobil Kredit

Saat melakukan pembelian mobil, baik mobil baru ataupun mobil bekas pakai, biasanya calon pembeli akan mendapatkan penawaran dua cara pembayaran. Apakah akan melakukan pembayaran secara langsung melunasi tagihan sesuai harga mobil (tunai), atau memilih pembayaran yang dilakukan dengan cara mengangsur dalam kurun waktu dan jumlah tertentu (kredit). Kedua pilihan metode pembayaran ini sepertinya sudah menjadi sesuatu yang umum. Tentu saja masing-masing metode memiliki keuntungan dan kerugiannya masing-masing.

Untuk konsumen yang memilih membeli mobil secara kredit, setidaknya akan mendapatkan dua keuntungan yang dapat dirasakan. Keuntungan pertama sudah pasti biaya yang dikeluarkan di awal pembelian jauh lebih rendah dari harga mobil yang akan dibeli. Hal ini tentu memudahkan calon konsumen yang ingin membeli mobil namun belum punya uang yang cukup. Dengan cara kredit, maka konsumen dapat membayar uang muka yang sudah ditentukan atau disepakati sesuai kemampuan konsumen.

Keuntungan membeli mobil secara kredit yang kedua adalah adanya asuransi yang secara langsung ikut serta dalam mekanisme pembelian mobil yang dilakukan. Sehingga selama proses pembiayaan dan mobil belum dilunasi, maka mobil akan terus berada dalam perlindungan asuransi. ini berbeda dengan konsumen yang membeli mobil secara tunai, karena mereka harus membayar asuransi untuk mobil yang baru dibeli secara terpisah.

Selain memiliki keuntungan yang sudah disebutkan di atas, membeli mobil dengan cara kredit tentu juga memiliki beberapa kerugian. Salah satunya adalah adanya resiko dimana pembeli tidak mampu memenuhi kewajiban mereka untuk melakukan pembiayaan rutin / cicilan untuk melunasi mobil yang mereka beli. Hal ini yang kemudian menjadi pertimbangan penting calon konsumen ketika akan membeli mobil secara kredit.

Namun demikian, membeli mobil secara kredit bukanlah berarti kalau anda adalah orang yang kurang mampu. Dari berbagai transaksi jual beli kendaraan, khususnya di event-event otomotif berkelas, ternyata hampir semua transaksi yang terjadi menggunakan metode kredit. Baik itu mobil dari kelas mainstream seharga ratusan juga, hingga mobil eksotis dan berkelas seharga miliaran rupiah. Hanya bedanya memang untuk mobil-mobil yang dijual dengan harga miliaran rupiah itu biasanya pembeli tidak mengambil jangka waktu yang lama untuk cicilan mobil mereka.

Itulah beberapa keuntungan dan kerugian dari membeli mobil secara kredit yang mungkin dapat anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli mobil. Lalu, lebih pilih membeli mobil secara tunai atau kredit?

Iklan

Bagikan

Terkait

Iklan

Terbaru

Iklan