AsapMobil

Iklan

Kenali Gejala Kapan Mobil Perlu Di Spooring Dan Balancing

Bagikan

Perawatan mobil yang paling sederhana tentu melakukan servis berkala secara rutin. Selain untuk menjaga mobil agar selalu prima, servis berkala juga perlu untuk dapat mendeteksi kerusakan sparepart atau komponen mobil lebih awal agar tidak semakin parah.

Diluar servis berkala, ada satu hal lagi yang perlu kita waspadai sebagai pemilik mobil. Yaitu mengetahui kapan mobil harus di spooring dan balancing. Spooring adalah proses untuk meluruskan posisi roda seperti semula. Sedangkan balancing, adalah proses untuk menyeimbangkan keempat roda mobil agar putaran roda menjadi lebih seimbang.

Lalu Kapan Mobil Harus Spooring Balancing?

Waktu yang paling gampang untuk melakukan spooring dan balancing adalah saat kita baru saja mengganti atau melakukan rotasi ban mobil. Tujuannya adalah agar ban dan roda yang baru terpasang dapat langsung menyesuaikan seperti kondisi mobil baru sehingga laju mobil akan lebih sempurna.

Selain itu, tanda bahwa sudah waktunya mobil di spooring balancing adalah ketika handling mobil terasa kurang nyaman dan kurang stabil saat dikendarai. Untuk mobil yang selalu kita gunakan setiap hari, tentu akan mudah mendeteksi kondisi dimana kenyamanan mengemudi terasa berubah dan tidak seperti biasanya.

Jika anda tidak terbiasa mendeteksi kesempurnaan handling mobil saat berkendara, maka anda dapat melakukan pengujian atau tes pada mobil yang anda gunakan. Caranya juga cukup mudah.

Pertama, kemudikan mobil pada jalan yang halus dan lurus dengan kecepatan sedang antara 40 hingga 60 kilometer per jam. Pastikan pula anda berada di jalanan yang aman dan tidak membahayakan diri sendiri atau pengguna jalan lainnya.

Kedua, setelah mobil melaju stabil, lepaskan kedua tangan anda dari kemudi. Rasakan bagaimana mobil berjalan tanpa memegang kemudi. Jika arah mobil tidak stabil, bergerak ke satu arah tertentu, atau bergerak ke kanan-kiri, berarti sudah saatnya mobil di spooring dan balancing.

Waktu lainnya untuk melakukan spooring dan balancing adalah secara rutin atau periodik. Tentukan waktu beberapa lama anda akan melakukan spooring balancing. Sedikitnya, setahun sekali saat melakukan rotasi ban, anda sekaligus melakukan spooring balancing.

Terakhir, meski tidak ada ketentuannya, tidak ada salahnya melakukan spooring balancing setelah mobil digunakan untuk perjalanan jauh. Khususnya jika jalan yang dilalui kondisinya kurang baik.

Iklan

Bagikan

Terkait

Iklan

Terbaru

Iklan