Tips & TrickTips Otomotif

Fungsi dan Kegunaan Spooring Balancing Ban Mobil

Ban atau roda mobil bisa dibilang sangat berpengaruh dalam kenyamanan berkendara. Kondisi jalanan di Indonesia yang cenderung kurang baik, apalagi untuk yang sering melalui jalan berlubang, akan dengan mudah merubah presisi pada roda mobil yang sering anda gunakan. Perubahan presisi pada ban ini yang kemudian membuat anda perlu untuk melakukan spooring dan balancing ban mobil.

Spooring dilakukan terhadap keempat ban mobil sebagi langkah untuk meluruskan posisi ban depan dan belakang ban mobil, agar kembali lurus sesuai dengan spesifikasi bawaan dari mobil. Sedangkan balancing ban mobil berguna untuk menganalisa putaran roda, atau juga getaran pada ban mobil akibat beban yang diterima pada ban mobil.

Manfaat dan Fungsi Spooring Balancing Mobil

Ciri-Ciri Ban Mobil Perlu Spooring Balancing

Ada beberapa gejala yang bisa dirasakan saat anda berkendara untuk mengetahui apakah mobil anda sudah perlu dilakukan spooring dan balancing. Hal yang paling umum dan mudah diketahui adalah setir yang terasa bergetar saat anda tengah mengemudi. Hal ini dikarenakan roda depan langsung berkaitan dengan mekanisme kemudi. Sehingga tingkat keausan roda depan dan masalah yang ada lebih cepat dirasakan dibandingkan roda belakang.

Berikutnya, spooring dan balancing dibutuhkan jika anda merasa mobil anda selalu bergerak ke arah tertentu. Caranya adalah saat di jalanan lurus dan mendatar (dan jalanan aman dengan kecepatan pelan saja) cobalah melepas setir kemudi mobil anda. Jika mobil perlahan berbelok ke arah tertentu, maka itulah salah satu gejalanya mobil butuh di spooring balancing.

Mobil yang membutuhkan spooring balancing juga dapat terlihat dari keausan ban mobil yang kurang seimbang dan kurang wajar. Hal ini dapat dilihat dari tapak atau bulu ban yang mulai menipis dan didominasi pada sebagian tempat saja.

Ciri lainnya bahwa mobil anda membutuhkan spooring dan balancing adalah ketika anda merasakan setir kemudi terasa lebih berat dari biasanya. Atau bisa juga ketika anda membelokkan kemudi, dan setir kemudi tidak mau kembali lurus ke posisi semula saat kemudi dilepaskan.

Biaya / Harga Spooring Balancing Ban Mobil

Karena ketidaktahuan, tidak sedikit orang yang malas melakukan spooring dan balancing ban mobil karena khawatir harga yang cukup mahal. Padahal, harga spooring dan balancing ban mobil tidaklah terlalu mahal dibandingkan dengan servis bagian mobil lainnya. Umumnya, bengkel mematok harga spooring balancing ban mobil sekitar angka 100 hingga 250 ribu rupiah untuk satu set pengerjaan.

Related Articles

1 thought on “Fungsi dan Kegunaan Spooring Balancing Ban Mobil”

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker