AsapMobil

Iklan

Ciri-Ciri Kampas Rem Habis dan Harus Segera Diganti

Bagikan

Kampas rem mobil merupakan komponen yang sangat penting, namun sering kali disepelekan. Kampas rem merupakan bagian dari sistem pengereman pada mobil. Saat pengemudi menginjak pedal rem, maka kampas rem akan menjepit piringan cakram atau tromol mobil untuk mengurangi laju putaran ban.

Dengan cara kerjanya yang menghentikan putaran roda, maka kampas rem akan terus terkikir hingga kemudian masa pakainya habis. Dalam kondisi tersebut, maka kampas rem mobil harus segera diganti. Jika terlambat, maka sistem pengereman mobil tidak akan berfungsi dengan baik. Selain akan merusak sistem pengereman secara keseluruhan, kampas rem yang habis juga sangat membahayakan anda dan pengguna jalan lainnya.

Tanda Kampas Rem Mobil Harus Diganti

Tanda pertama yang dapat anda kenali saat kampas rem mulai menipis atau habis adalah terdengar bunyi besi yang bergesekan, khususnya saat anda menginjak pedal rem. Bunyi tersebut berasal dari gesekan antara dudukan kampas rem dengan cakram atau tromol mobil.

Gejala lainnya dirasakan saat anda mengemudi dan menginjak pedal rem. Kampas rem mobil yang habis, akan membuat anda merasakan sedikit getaran pada saat menginjak pedal rem. Getaran ini dapat juga terasa seperti pedal rem yang ‘melawan’ dan tidak smooth saat diinjak.

Gejala terakhir yang mungkin dapat terlihat jika anda teliti adalah terdapat serbuk kampas di velg bagian dalam, di sekitar sistem pengereman. Selain itu, saat kampas rem mobil habis, pedal rem akan terasa lebih dalam dari biasanya ketika kita gunakan.

Jika anda sudah merasakan salah satu, atau bahkan semua gejala tersebut, maka jangan tunda lagi. Segera ganti kampas rem mobil anda secepat mungkin. Semakin lama anda menunda, maka semakin tinggi pula resiko bahaya yang mengintai anda.

Iklan

Bagikan

Terkait

Iklan

Terbaru

Iklan