Tips & TrickTips Otomotif

Cara Untuk Membuat Mobil Lebih Irit Bensin

Meski sudah menerapkan teknik mengemudi eco driving, tentu hasilnya akan kurang maksimal jika anda tidak memperhatikan kondisi mobil yang dikendarai. Oleh karenanya, untuk membantu teknik mengemudi hemat bahan bakar yang anda lakukan, sebaiknya anda harus memperhatikan beberapa hal pada mobil yang harus dipersiapkan.

Berdasarkan beberapa referensi dan pengalaman teknisi di berbagai bengkel, mobil yang dikemudikan dan cara mengemudi saling berkaitan untuk mencapai efisiensi bahan bakar saat mengemudi. Setelah anda mengetahui cara mengemudi yang baik, maka berikut ini hal yang harus diperhatikan pada mobil agar dapat lebih irit bensin.

Tips agar Mobil Irit BBM Bensin

#1 Sesuaikan Bahan Bakar Yang Digunakan
Setiap mobil memiliki spesifikasi mesin, tepatnya rasio kompresi yang berbeda-beda. Rasio kompresi tersebut sangat menentukan jenis bahan bakar apa yang harus anda gunakan. Jika anda menggunakan bahan bakar yang kurang sesuai, maka pembakaran pada mesin tidak akan sempurna.

Sebagai contoh, jika mesin kebutuhan mesin adalah oktan RON92 tapi anda malah menggunakan RON88, maka mesin akan under power dan membuat anda harus menekan gas lebih dalam untuk mendapatkan tenaga mesin. Sebaliknya, jika anda menggunakan bensin dengan oktan melebihi kebutuhan, maka akan ada sisa bensin yang tidak terbakar dan terbuang lewat knalpot.

#2 Tekanan Angin Ban
Seberapa sering anda memperhatikan tekanan angin pada ban mobil anda? Mungkin jawabannya adalah hanya ketika anda merasa ban mobil terlihat kempes atau kurang angin. Padahal tekanan angin ban mobil yang tepat akan membantu meringankan beban kerja mesin mobil.

Saat ban kurang angin, maka diameter ban akan mengecil atau kempes. Dalam kondisi tersebut, tapak ban akan menempel lebih banyak pada aspal sehingga ban terasa seperti menyeret. Efeknya, mesin butuh tenaga lebih besar untuk menggerakkan mobil.

#3 Hindari Beban Overload
Beban yang dibawa mobil akan mempengaruhi tenaga mesin yang dibutuhkan untuk menggerakkan mobil. Sehingga bisa dipastikan, semakin besar beban yang dibawa mobil, maka butuh semakin besar tenaga dan tentunya semakin boros pula bahan bakar yang dibutuhkan. Oleh karenanya, mulailah untuk menurunkan barang-barang yang tidak berguna dari mobil anda.

#4 Rajin Servis Berkala
Komponen dan bagian-bagian dalam mobil memiliki usia pakai untuk tetap bekerja di titik optimalnya. Contoh yang paling dekat adalah oli mesin yang secara rutin harus diganti. Untuk itu cobalah agar anda tidak melewatkan jadwal servis berkala. Sehingga komponen dan bagian mesin seperti oli tetap terjaga baik agar performa mesin tetap di titik terbaiknya.

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker