Tips Mengemudi

Cara Belajar Mengemudi Mobil Manual

Belajar Mengemudi Mobil Manual
sumber : Wikihow.com

Belajar Mengemudi Mobil Manual – Mengemudi manual pada awalnya memang terlihat susah. Kamu harus dapat mensinkronkan kedua kaki untuk menggunakan pedal kopling, rem dan gas. Selain itu, kamu juga harus dapat mengendalikan setir kemudi dan tuas perseneling secara akurat.

Meski terlihat rumit, mengemudi mobil manual sebenarnya justru menyenangkan. Apalagi untuk yang suka berakselerasi dan menikmati tenaga mesin mobil. Asalkan dipelajari secara telaten dan perlahan, maka mengemudi mobil bertransmisi manual dapat dengan mudah kamu kuasai.

Tips Belajar Mengemudi Mobil Manual

  1. Pahami Fitur Dari Mobil Manual Tersebut

Sebelum mulai belajar bagaimana mengemudikan mobil manual, ada baiknya kamu memulai dari mempelajari fitur dan seluk beluk kemudi mobil tersebut. Contohnya, mulailah mengenali mana pedal gas, rem dan kopling, dan bagaimana cara menggunakannya. Misalnya, kaki kanan untuk gas dan rem, sedangkan kaki kiri hanya untuk menginjak kopling.

Tak hanya disitu saja, kamu juga harus mempelajari posisi transmisi mobil tersebut dan cara memindahkan dari transmisi satu ke transmisi berikutnya, posisi tuas transmisi netral, untuk mundur dan lainnya. Lihat juga tas lampu sen, indikator dan semua fitur yang dibutuhkan untuk mengemudikan sebuah mobil.

  1. Cari Lokasi Belajar Yang Tepat

Kunci sukses saat belajar mengemudi mobil manual adalah banyak-banyak berlatih dengan segala kondisi dan medan. Namun pada awal mula, memilih tempat yang luas dan sepi adalah pilihan yang sempurna. Di lapangan atau area kosong, kamu dapat dengan mudah mulai belajar menghidupkan dan menjalankan mobil tanpa khawatir mobil melompat dan menabrak pohon atau bahkan kendaraan dan orang lain.

Setelah lancar di area kosong, mulailah tingkatkan kesulitan dengan mengemudi di area seperti jalan raya, namun cari yang sepi dan tidak banyak orang lalu lalang. Jika sudah lancar, mulai tingkatkan kesulitan seperti di jalan ramai, menanjak, persimpangan, kemacetan dan sebagainya.

  1. Bagi Konsentrasi Dengan Baik

Kesulitan yang dialami orang saat belajar mobil dengan transmisi manual adalah menselaraskan pedal gas dan kopling. Jika kopling dilepas terlalu cepat dan gas belum diinjak, maka mesin mobil akan mati atau tersendat-sendat. Namun jika gas terlalu besar dan kopling lambat dilepas, mesin mobil akan menggerung keras namun tidak bergerak.

Secara sederhana, kopling dan gas pada mobil manual bisa diibaratkan seperti jungkat-jungkit. Jika kopling dilepas perlahan, maka gas harus diinjak secara perlahan. Dengan banyak berlatih dan konsentrasi, kamu akan menemukan paduan yang pas kapan harus melepas kopling dan menginjak gas.

Selain itu, kamu juga harus membagi konsentrasi untuk menginjak gas, menginjak kopling sambil memindah transmisi serta memutar roda kemudi dengan baik.

  1. Selalu Siaga Menginjak Rem

Jika mobil sudah melaju, siapkan diri untuk memperlambat atau bahkan menghentikan laju mobil anda. Jangan pernah takut untuk melepas pedal gas dan menginjak rem mobil. Secara perlahan, kamu juga akan belajar bagiamana respon mobil terhadap pedal rem yang kamu injak.

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker