Tips & TrickTips Mengemudi

Apa Penyebab Lampu Mobil Berembun?

Penyebab dalam lampu mobil berembun

Penyebab Lampu Mobil Berembun – Mungkin tidak sedikit dari pemilik kendaraan yang mengalami kondisi ini. Selain membuat penampilan mobil menjadi kurang menarik, lampu mobil yang terdapat embun pada bagian dalamnya juga cukup mengganggu sistem penerangan lampu.

Meski terdengar sepele, embun pada lampu mobil ini cukup membuat kesal. Pasalnya, embun tersebut tidak dapat dibersihkan atau dilap dari luar.

Lalu mengapa bagian dalam lampu mobil bisa berembun?

Lampu mobil tersusun dari beberapa bagian besar, antara lain yaitu kaca, sil atau trim, reflektor (bagian silver untuk memantulkan cahaya) dan juga rumah lampu. Dalam menyatukan semua komponen itu, sil memiliki peranan penting untuk merapatkan antar komponen.

Hal yang menyebabkan lampu mobil menjadi berembun adalah ketika sil kurang rapat, getas atau bahkan sudah retak. Bagian yang kurang rapat atau bercelah tersebut membuat udara dapat masuk ke dalam ruang rumah lampu. Sehingga ketika terjadi perbedaan suhu antara udara luar dan udara dalam rumah lampu, embun akhirnya muncul.

Kondisi sil atau mika kaca rumah lampu tidak rapat sebenarnya adalah hal yang umum. Hal tersebut bisa disebabkan oleh usia, masa pakai dan juga sering terkena panas yang menyebabkan lebih cepat getas dan retak.

Cara Mengatasi Lampu Mobil Berembun

Untuk dapat memperbaiki masalah ini, sebenarnya tidak terlalu sulit. Namun butuh sedikit perbaikan dan kesabaran.

Anda hanya perlu melepas lampu dan memisahkan semua komponen lampu. Setelah itu bersihkan bagian yang berembun. Terakhir, satukan lagi semua komponen dan jangan lupa untuk menambahkan isolasi khusus atau silikon untuk membuat tiap komponen menjadi lebih rapat dan tidak bercelah.

Lainnya, mungkin anda juga dapat membaca artikel tentang mengapa kaca mobil berembun saat hujan.

Related Articles

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker